Pages

Selasa, 25 Desember 2012

RPP PAI KELAS 2 SD/MI






سم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )


RPP Nomor                 :   1
Kelas / Semester          :   II / 1
Mata Pelajaran             :  Pendidikan Agama Islam
Standar Kompetensi        :       1.         Menghafal Alquran
Kompetensi Dasar       :   1.1    Mengenal huruf  Hijaiah
Alokasi Waktu               :  4 ´ 35 menit (2 ´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   :
1.       Siswa dapat melafalkan huruf Hijaiah dengan benar
2.       Siswa dapat menunjukkan hafal huruf Hijaiah

Karakter siswa yang diharapkan  :           Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab  ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

Materi Pembelajaran    :
1.       Huruf Hijaiah.

Metode Pembelajaran: 
1.       Siswa berlatih melafalkan huruf Hijaiah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
2.       Guru memberikan penjelasan tentang makhraj huruf Hijaiah

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.   Kegiatan Pendahuluan :
F Apersepsi : menghafalkan huruf Hijaiah
F Motivasi :menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
2.         Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf Hijaiah secara klasikal
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf Hijaiah secara kelompok
F Siswa menghafalkan huruf Hijaiah secara individu
F Siswa tampil ke depan kelas menghafalkan huruf Hijaiah dengan benar


& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis huruf-huruf Hijaiah di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1.         Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2.         Buku tajwid
3.         Alquran (juz amma)
4.         Buku pendidikan agam islam.
5.         Buku-buku lain yang relevan
6.         Kaset dan CD Alquran
7.         Pengalaman guru
8.         Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melafalkan huruf hijaiah dengan benar
Ø  Menunjukkan hafal huruf Hijaiah
Tes lisan

Tes lisan
Hafalan

Hafalan
Uraian






  1. Hafalkan huruf hijaiah satu persatu!

  1. Hafalkan huruf-huruf hijaiah satu persatu!
  2. Huruf mim berbentuk seperti ....
a. angka tiga terbalik
            b.mata pancing            c. toge
  1. Huruf yang berbentuk seperti biji mentimun dengan garis tegak di atasnya tanpa titik adalah .....
a. ta                     b. ţa                            c. dad
  1. Qaf dilambangkan .....
a. ف                    b. ق                            c. ك
  1. ك م  adalah ....
a. kaf nun             b. kaf ya’                            c. kaf mim
  1. Sin dan ta’ dilambangkan ....
a. س ن                b. س ج                            c. س ت
  1. Huruf ق dalam huruf latin dilambangkan dengan huruf…
  2. ك Huruf di samping disebut huruf…
  3. Huruf apakah yang bentuknya seperti angka satu?




Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.




Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011

سم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )


RPP Nomor                       :    2
Kelas / Semester            :    II/ 1
Mata Pelajaran               :    Pendidikan Agama Islam
Standar Kompetensi      :    1.  Menghafal  Alquran
Kompetensi Dasar         :    1.2Mengenal tanda baca (harakat)
Alokasi Waktu                :    2 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran          :   
1.       Siswa dapat melafalkan huruf Hijaiah berharakat:
a.  fatah
b.  kasrah
c.  damah
d.  tanwin
e.  sukun

Karakter siswa yang diharapkan  :           Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ).

Materi Pembelajaran    :
1.       Harakat .

Metode Pembelajaran    :
1.       Siswa berlatih melafalkan huruf Hijaiah berharakat secara bersama-sama dan kelompok mengikuti bacaan guru.
2.       Siswa menampilkan kemampuannya melafalkan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara individu di depan kelas

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan :
F Apersepsi : Guru memperkenalkan bahan ajaran mengenai tanda baca (harakat)
F Motivasi : Siswa menyebutkan kembali huruf-huruf Hijaiah secara klasikal
2.    Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara bersama-sama dan kelompok



& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperaktikkan pelafalan huruf-huruf Hijaiah berharakat secara individu di depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas
F Guru memberi tugas siswa untuk mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas serta dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
F Siswa memahami bacaan intisari

Alat / Sumber Belajar :
1.    Tulisan tanda baca (harakat) di karton atau papan tulis
2.    Tulisan huruf Hijaiah berharakat di karton atau papan tulis
3.    Buku tajwid  
4.    Buku pendidikan Agama Islam
5.    Buku-buku lain yang relevan
7.    Pengalaman guru  
8.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melafalkan huruf Hijaiah beraharakat:
o   Fatah
o   Kasrah
o   Damah
o   Tanwin
o   sukun

Tes lisan




Uraian




1.          Bacalah huruf Hijaiah berharakat berikut! Fatah
a.       Kasrah
b.       Damah
c.       Tanwin
d.       sukun
2.          اَيْنَ Kalimat di samping dibaca….
a. auna                                     b. ina
c. aina
3.          Kaifa jika ditulis huruf al-Quran adalah ….
a. كِيْفَ        b.  كَيْفَ           c.  كُوْفَ
4.          جَوْفَ   Kalimat di samping dibaca…
a. jaufa                         b. jaifa             c. jufa
5.          يَوْمَ Kalimat di samping dibaca…
a. yuma                        b. yaima
c. yauma
6.          Laura jika ditulis huruf al-Quran…
a.  لَوْحَ          b.  لَوْزَ  
c.  لَوْرَ
7.          صَوْفِ Kalimat di samping dibaca…
8.          لَوْحٌ Jika ditulis latin berbunyi…
9.          Rauda jika ditulis huruf al-Quran…
10.       Apabila ada huruf bertanda baca fathah diikuti oleh ya’ mati dibaca apa?
11.       Tulislah ke dalam huruf al-Quran!nauma
12.       Tulislah ke dalam huruf latin!قَوْمَ


Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1












3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.







Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011














سم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )


RPP Nomor                   :   3
Mata Pelajaran               :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester             :   II/ 1
Standar Kompetensi           :    2.                      Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar          :   2.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
Alokasi Waktu                 :   2 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   :

1.       Siswa dapat menyebutkan lima dari Asmaul Husna
2.       Siswa dapat menghafal lima Asmaul Husna

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran  :      
1.       Asmaul Husna .

Metode Pembelajaran  :
1.       Siswa berlatih menyebutkan lima dari Asmaul Husna secara bersama-sama dan kelompok
2.       Siswa berlatih menghafalkan lima dari Asmaul Husna

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi  dan Motivasi :
F Mengupas secara singkat tentang kebesaran Allah
F Mengajukan pertanyaan untuk siswa yang telah mengetahui beberapa sifat Allah
2.    Kegiatan Inti :       
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafalkan lima dari Asmaul Husna secara individu
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menyebutkan lima dari Asmaul Husna secara bersama-sama dan kelompok
F Siswa menampilkan hafalannya di depan kelas



& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru melakukan tanya jawab tentang materi yang diajarkan pada pertemuan tersebut.

Alat / Sumber Belajar :

1.   Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2.    Buku Pendidikan Agama Islam
3.    Buku-buku lain yang relevan
4.    Pengalaman guru
5.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menyebutkan lima dari Asmaul Husna

Ø  Hafal lima dari Asmaul Husna
Tes lisan

Tes lisan


Pelafalan

Hafalan

1.       Sebutkan lima dari Asamaul Husna!
             
2.       Hafalkan lima dari Asmaul Husna
3.       Cloud Callout: gb. Orang menyembah api.Artikan Surat ini اِيَّاكَ نَعْبُدُوَاِيَّاكَ نِسْتَعِيْنَ
4.                                                                                                              



Gambar di samping mencerminkan asma Allah SWT .…                                
a. Ar-Rahman
  b. Al-Ahad
   c. Al-Malik
5.       Gambar di bawah sesuai dengan amalan asma Allah SWT ar-rahim yaitu .…
Cloud Callout: Gbr. Anak salatCloud Callout: Gbr. Anak merawat tanamana.                                  b.                                





Cloud Callout: Gbr. Anak berdoa c.



6.       Orang yang menyembah kepada selain Allah SWT, berarti bertentangan dengan asma Allah SWT ....
a. Al-Malik                     b. As-Samad            
c. Al-Ahad
7.       Memberi makan ayam termasuk pengamalan asma Allah SWT ....
8.       Cloud Callout: gb. Orang menyembah api.Perbuatan yang cocok dengan asma Allah SWT Ar-Rahim adalah ……………………
9.               



Gambar di atas bertentangan dengan asma Allah SWT .…
10.   Mengapa kita harus menyantuni fakir miskin?
11.   Berilah contoh satu pengamalan sifat ar-rahim Allah SWT yang dapat kamu lakukan!



Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1


3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011















بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     

RPP Nomor                   :     4
Mata Pelajaran               :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            :    II/ 1
Standar Kompetensi      :    2.   Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar         :    2.2 Mengertikan lima Asmaul Husna
Alokasi Waktu                :    2 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran          :

1.       Siswa dapat mengertikan lima dari Asmaul Husna
2.       Siswa dapat memahami lima dari Asmaul Husna
3.       Siswa dapat hafal lima dari Asmaul Husna beserta artinya

Karakter siswa yang diharapkan  :           Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :  

1.       Asmaul Husna .

Metode Pembelajaran    :   

1.       Siswa berlatih mengartikan lima dari Asmaul Husna secara klasikal dan kelompok
2.       Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar pemahaman mereka tentang lima dari Asmaul Husna
3.       Siswa menghafalkan arti lima dari Asmaul Husna

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi  dan Motivasi :
F Siswa menyebutkan kembli dari lima Asmaul Husna yang telah dihafal
F Guru memperkenalkan bahan ajaran arti lima dari Asmaul Husna (melalui kisah sepengal kisah)
F  
2.    Kegiatan Inti :       
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafalkan lima Asmaul Husna dan artinya secara individu
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara berkelompok dan klasikal
F Siswa menjawab pertanyaan guru tentang bahan ajar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F   Siswa diminta melaksanakan aktivitas
F    Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah 
F    menggunakan bahasa sendiri
F   Siswa memahami bacaan intisari
F   Guru memberi tugas serta dikumpulkan pad pertemuan berikutnya

Alat / Sumber Belajar:

1.   Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2.    Buku Pendidikan Agama Islam.
3.    Pengalaman guru
4.    ingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Target
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Mengartikan lima dari Asmaul Husna

Ø  Hafal lima dari Asmaul Husna
Tes tulis


Tes tulis

Tes tulis

Jawaban singkat


Hafalan
Esay

Pilihan ganda



1.       Apa Asmaul Husna yang artinya Maha Penyayang?
2.       Hafalan lima dari Asmaul Husna beserta artinya!
3.       Hanya kepada-Mu ya Allah SWT kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami mohon ....
a. ijin                           
b. pertolongan    c. maaf
4.       Apabila kita ditimpa musibah, sikap yang baik adalah .…
a. marah                       b. diam            
c. sabar
5.       Kita minta pertolongan dengan batu yang besar berarti tidak sama dengan asma Allah SWT .…
6.       Apabila Allah SWT menghendaki sesuatu pasti terjadi, ini berarti atas kehandak .…
7.       Bolehkah kamu menyembah patung?
8.       Kepada siapa kita mohon perlindungan?
9.       Bagaimanakah sikapmu bila keluargamu terkena musibah?


Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

  1. Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011






































بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                      : 5
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester                   : II/ 1
Standar Kompetensi              : 2.                      Mencontoh prilaku terpuji
Kompetensi Dasar           : 3.1 Menampilkan perilaku rendah hati
Alokasi Waktu                   : 2 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran               :          
1.       Siswa dapat menjelaskan perilaku rendah hati
2.       Siswa dapat menunjukkan contoh-contoh perilaku rendah hati
3.       Siswa dapat menerapkan perilaku rendah hati

Karakter siswa yang diharapkan  :          Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :
1.       Rendah hati .

Metode Pembelajaran :   
1.       Siswa mengadakan diskusi tentang perilaku rendah hati dengan teman-temannya
2.       Siswa berlatih memberikan contoh-contoh perilaku rendah hati
3.       Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang manfaat dari perilaku rendah hati

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Memberikan nasihat tentang pentingnya bersikap rendah hati (melalui Mutiara Islam )          
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan uraian dan penjelasan guru tentang bahan ajaran yang sedang dipelajari
F Siswa memberikan komentar, usulan, pengalaman menarik tentang teman, orang lain yang rendah hati


& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memberikan contoh sikap rendah hati
F Siswa menyebutkan beberapa keuntungan orang yang rendah hati dan kerugian orang yang sombong
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa diminta menyimpulkan hasil aktivitas menggunakan bahasa sendiri

Alat / Sumber Belajar:
1.    Bahan cerita tentang para sahabat Nabi Muhammad yang rendah hati
2.   Potongan karton yang bertuliskan contoh sikap rendah hati dan sikap sombong untuk dipisah-pisahkan, mana yang termasuk sikap rendah hati
3.    Buku Pendidikan Agama Islam.
4.    Alquran (juz Amma)
5.    Pengalaman guru atau pribadi siswa
6.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menjelaskan pengertian rendah hati

Ø  Menunjukkan contoh-contoh perilaku rendah hati


Ø  Menerapkan perilaku rendah hati
Tes tulis

Tes tulis



Tes tulis

Esay

Pilihan ganda



Jawaban singkat
1.       Apa yang dimaksud dengan sikap rendah hati?
2.       Rendah hati adalah sikap ?
a.                 kurang baik
b.                 terpuji
c.                 belebihan
3.       Sebutkan satu keuntungan berperilaku rendah hati!
4.       Sebaik-baik manusia di antara kamu adalah orang yang .…
a. banyak hartanya       
b. cantik rupanya  
c. baik budi pekertinya
5.       Ana hidupnya sederhana, tidak sombong dan .…
a.rendag hati                
b. rendah diri        
 c. rendah kaki
6.       Dengan sikap rendah hati akan tercipta suasana .…
a.sedih              b. rukun           
c. senang
7.       Anak yang rendah hati sikapnya tidak suka meremehkan .…
8.       Anak-anak yang bersikap rendah hati, ia tidak bersikap .…
9.       Sebutkan manfaat sikap rendah hati dalam pergaulan!
10.   Berilah contoh cara hidup sederhana!


Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1


  1. Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.












CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011































بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                   :    6
Mata Pelajaran               :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester             :   II / 1
Standar Kompetensi      :   3.   Mencontoh perilaku terpuji
Kompetensi Dasar         :   3.2 Menampilkan perilaku hidup sederhana
Alokasi Waktu                :   2 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran          :
1.       Siswa dapat menjelaskan pengertian hidup sederhana
2.       Siswa dapat menunjukkan contoh hidup sederhana
3.       Siswa dapat menerapkan hidup sederhana

Karakter siswa yang diharapkan  :          Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :
1.       Hidup sederhana .

Metode Pembelajaran   :  
1.       Siswa mengadakan diskusi tentang perilaku hidup sederhana dengan teman-temannya
2.       Siswa berlatih memberikan contoh-contoh perilaku hidup sederhana
3.       Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang manfaat dari perilaku hidup sederhana

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi  dan Motivasi :
F Memberikan nasihat tentang pentingnya bersikap rendah hati (melalui Mutiara Islam )
F Cerita menarik tentang sikap hidup sederhana
2.    Kegiatan Inti :                   
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan uraian dan penjelasan guru tentang bahan ajaran yang sedang dipelajari
F Siswa memberikan komentar, usulan, pengalaman menarik tentang teman, orang lain yang berperilaku hidup sederhana.

& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memberikan contoh sikap hidup sederhana
F Siswa menyebutkan beberapa keuntungan orang yang hidup sederhana
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melaksanakan aktivitas yang ada di halaman 26 dan 28

Alat / Sumber Belajar:
1.    Gambar peraga penampilan sikap sederhana
2.    Teks cerita singkat tentang sikap hidup sederhana para sahabat Nabi
3.    Buku Pendidikan Agama Islam.
4.    Alquran (Juz Amma)
5.    Pengalaman guru atau pribadi siswa
6.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø   Menjelaskan pengertian hidup sederhana

Ø   Menunjukkan contoh hidup sederhana

Ø   Menerapkan hidup sederhana
Tes tulis


Tes tulis

Tes tulis


Tes tulis

Esay


Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat
1.       Apa yang dimaksud dengan hidup sederhana?
2.       Makanan tidak perlu selalu mewah tetapi ….?      
a.       lezat
b.       bergizi
c.       banyak
3.       Bagaimana cara hidup sederhana dalam harta?
4.       Hidup sederhana artinya .…
a. perilaku bersahaja
            b. berlebih-lebihan         
c. bermewah-mewah
5.       Orang yang sederhana itu bila membeli baju tidak harus yang mahal harganya ....
6.       Hidup sederhana dapat dilakukan dengan cara menyisihkan sebagian uang saku untuk di .…
7.       Berilah contoh cara hidup sederhana!
8.       Apakah hasil anak yang hidupnya sederhana?
9.       Apa artinya “annadafatu minal iman”?

Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011

بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                    :   7
Mata Pelajaran                :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester             :   II / 1
Standar Kompetensi      :   3.   Mencontoh perilaku terpuji
Kompetensi Dasar          :   3.3 Menampilkan adab buang air besar dan kecil
Alokasi Waktu                 :   3 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran          :   
1.       Siswa dapat menunjukkan adab buang air besar dan kecil
2.       Siswa dapat menjelaskan tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :          Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :
1.       Adab buang air .

Metode Pembelajaran  :
1.       Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang tata cara buang air besar dan kecil
2.       Siswa berlatih menunjukkan adab buang air besar dan kecil
3.       Siswa menghafal doa masuk dan keluar kamar kecil

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Cerita singkat tentang hidup bersih
F Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan memahami uraian guru tentang pentingnya adab buang air besar dan kecil



& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa secara berkelompok atau sendiri menceritakan pengalamannya bagaimana tata cara yang baik apabila buang air
F Siswa secara berkelompok atau sendiri-sendiri menjelaskan tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar
F Siswa menghafalkan doa ketika masuk dan keluar kamar mandi secara berkelompok
F Siswa tampil secara sendiri-sendiri untuk menghafalkan doa ketika masuk dan keluar kamar kecil
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

Alat / Sumber Belajar:
1.    Gambar peraga 
2.    Lafal doa ketika masuk dan keluar kamar kecil di karton atau papan tulis
3.    Buku Pendidikan Agama Islam.
4.    Alquran (juz Amma)
5.    Pengalaman guru
6.    Lingkungan sekitar

Penilaian:              

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menunjukkan adab buang air besar dan kecil

Ø  Menjelaskan tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar

Tes tulis


Tes tulis


Esay


Esay

1.   Kaki manakah yang harus didahulukan ketika masuk ke kamar kecil?
2.   Bagaimana tata cara buang air besar dan kecil yang benar?
3.   Kebersihan adalah pangkal ................
4.   Orang yang selalu menjaga kebersihan hidupnya akan ................
5.   Badan yang bersih adalah badan yang ..................
6.   Agama Islam adalah agama yang mengutamakan kebersihan. Kebersihan sebagian dari pada ..............
7.   Dengan buang air kecil (bersuci) akan mendorong anak untuk hidup.…
8.   Bagaimanakah sikapmu apabila melihat WC kotor?
9.   Nabi Muhammad bersabda yang artinya: “Islam adalah bersih” Maka bersihkanlah dirimu dan lingkunganmu. Sesungguhnya tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih.Maka dari itu kita harus menjaga .......................................................

Format Kriteria Penilaian      

1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

  1. Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..

















CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011

بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                    :   8
Mata Pelajaran                :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester             :   II / 1
Standar Kompetensi      :   4.        Mengenal tata cara wudu
Kompetensi Dasar          :   4.1 Membiasakan wudu dengan tertib
Alokasi Waktu                 :   4 ´ 35 menit (2´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   :   
1.       Siswa dapat menjelaskan tata cara wudu yang benar
2.       Siswa dapat menyebutkan urutan berwudu
3.       Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudu
4.       Siswa dapat mempraktikkan berwudu dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :          Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :      
1.       Wudu .

Metode Pembelajaran  :
1.       Siswa berlatih menyebutkan urutan berwudu.
2.       Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang berkaitan wudu dan yang membatalkannya
3.       Siswa berlatih mempraktikkan wudu dengan benar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Pengenalan tentang beberapa macam bersuci termasuk wudu
F Memberikan bahan ajar secara menarik melalui pengalaman siswa atau kisah yang relevan
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memahami hal-hal yang berkaitan dengan wudu dan yang membatalkannya


& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menghafalkan niat wudu secara klasikal dan individu
F Siswa mengenal dan memahami tata cara berwudu
F Siswa mempraktikkan cara berwudu dengan benar

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang urutan-urutan berwudu
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang dapat membatalkan wudu

Alat / Sumber Belajar:
1.    Alat dan tempat berwudu
2.    Gambar peraga orang berwudu serta urutannya
3.    Lafal niat wudu di karton atau papan tulis
4.    Buku Pendidikan Agama Islam.
5.    Pengalaman guru
6.    Lingkungan sekitar

Penilaian:

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø   Menjelaskan tata cara wudu yang benar
Ø   Menyebutkan urutan berwudu
Ø   Menyebutkan hal-hal yang membatal-kan wudu
Ø   Praktik berwudu dengan benar
Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis

Tes praktik

Esay


Jawaban singkat


Jawaban singkat

Praktik

Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat
1.   Bagaimana cara melaksanakan wudu?
2.   Setalah berkumur dan membasuh luabang hidung kemudian ….
3.   Sebutkan dua hal yang membatalkan wudu!
4.   Praktikkan berwudu dengan benar
5.   Wudu adalah bersuci dari hadas .…
a. besar                        b. sedang
c. kecil
6.   Di antara sunah wudu adalah .…
a.       gbr membasuh muka
b.       gbr.membersihkan kaki
c.       gbr. Membasuh muka
7.   Rukun wudu ada .…
a. 4                              b. 5                     
c. 6
8.   Tertib adalah tukun wudu yang .…
a. terakhir                     
b. pertengahan              
c. pertama
9.   Membasuh telinga termasuk …wudu
a. rukun                       
b. sunah                       
c. batal
10.   Membersihkan hidung termasuk …wudu


11.           Cloud Callout: gb. Anak membasuh telinga.                                             


           
  


        Gambar di samping termasuk……………….wudu
12.   Rukun wudu yang kedua adalah…
13.   Jika meninggalkan salah satu rukun wudu, maka  wudunya…………………
14.   Waktu wudu mwmbasuh kaki sampai…………..
15.   Apakah rukun wudu sesudah membasuh muka?
16.   Sebutkan dua di antara rukun wudu yang             berurutan!


Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011

بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                    :   9
Mata Pelajaran                :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester             :   II / 1
Standar Kompetensi      :   4.   Mengenal tata cara wudu
Kompetensi Dasar          :   4.2 Membaca doa setelah berwudu
Alokasi Waktu                 :  2 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   :
1.       Siswa dapat melafalkan doa setelah berwudu
2.       Siswa dapat menghafal dan mempraktikkan doa setelah berwudu

Karakter siswa yang diharapkan  :           Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :      
1.       Doa setelah wudu .

Metode Pembelajaran  :   
1.       Siswa melafalkan doa setelah berwudu secara klasikal dan kelompok
2.       Siswa menghafalkan doa setelah berwudu secara kelompok dan individu

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Memberikan bahan ajaran melalui cerita yang menarik (melalui Mutiara Islam )
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menampilkan hafalannya di depan kelas secara sendiri-sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan doa setelah berwudu secara klasikal dan kelompok
F Siswa menghafalkan doa setelah berwudu secara kelompok dan individu




& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah
F menggunakan bahasa sendiri
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa diberi tugas mengerjakan latihan  untuk ditulis di
F buku tugas serta hasilnya dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lafal doa setelah berwudu di karton atau papan tulis
2.    Buku Pendidikan Agama Islam
3.    Pengalaman guru
4.    Lingkungan sekitar

Penilaian:

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø Melafalkan doa setelah berwudu

Ø Praktik berdoa setelah berwudu

Tes lisan

Tes lisan
Pelafalan

Hafalan
Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat
1.       Lafalkan doa setelah berwudu!
2.       Lafalkan doa setelah berwudu!
3.       Tertib adalah tukun wudu yang .…
a. terakhir                     
b. pertengahan                         c. pertama
4.       Membasuh telinga termasuk …wudu
a. rukun                        b. sunah  
c. batal
5.       Bagaimanakah bunyi bacaan basmallah?
6.       Diantara sunah wudu adalah membasuh telinga. Berapa kali waktu membasuh?






Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1


3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.




Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011

بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                   :  10
Mata Pelajaran                :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            :   II / 1
Standar Kompetensi      :   5.    Mengenal bacaan salat
Kompetensi Dasar         :   5.1  Melafalkan bacaan salat
Alokasi Waktu                :   2 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   :
1.       Siswa dapat melafalkan bacaan salat dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :          Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :
1.       Bacaan salat .

Metode Pembelajaran : 
1.       Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
Ø  Pembahasan singkat pengalaman siswa tentang pengalaman pelajaran yang lalu
Ø  Memperkenalkan pokok-pokok bahan ajaran yang akan dipelajari
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan salat secara klasikal mengikuti bacaan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan bacaan salat secara kelompok
F Siswa melafalkan bacaan salat secara individu




& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang bacaan-bacaan salat

Alat / Sumber Belajar:
1.    Lafal bacaan salat pada karton atau papan tulis
2.    Gambar peraga gerakan salat
3.    Buku tata cara salat
4.    Buku Pendidikan Agama Islam
5.    Pengalaman guru
6.    Lingkungan sekitar

Penilaian:

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melafalkan bacaan salat dengan benar (takbiratul ihram, doa iftitah, doa rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, tasyahud awal dan akhir, serta salam)

Tes lisan



Pelafalan

Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat

1.       Lafalkan bacaan salat satu persatu!
2.       Doa qunut dibaca waktu salat .…
a. subuh                        b. zuhur                         c. asar
3.       اَللَّهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ Allāhummahdinî fîman .…
a. ‘afait                         b. hadait                        
c. a’fait
4.       وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ Watawallanî … tawallait.
a. fîmā              b. syarramā                  
c. fîman
5.       وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ Wabārikli fîmā .…
a. ‘afait                         b. qadait                       
c. ‘alaik
6.       وَقِنِىْ شَرَّمَا قَضَيْتَ
7.       Waqinî syarramā .…
a. tawalait         b.kadait c. qadait
8.       وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ             Yang Artinya .....................
9.       Wa’āfini fîman .…
10.   Fa innaka taqdî walā yuqdā ….
11.   Fainnahū laayadzillu man .…
12.   Bagaimana artinya  Falakal hamdu ‘alā mā wadait
13.   Bagaimana artinya  Astaghfiruka wa’a tūbu ilaik

Format Kriteria Penilaian       
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..











CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.




Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011


بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                    :   11
Mata Pelajaran                :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester             :   II / 1
Standar Kompetensi           :    5.                      Mengenal bacaan salat
Kompetensi Dasar          :   5.2 Menghafal bacaan salat
Alokasi Waktu                 :   4 ´ 35 menit (2´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   :   
1.       Siswa dapat hafal bacaan salat dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :          Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran  :      
1.       Bacaan salat .

Metode Pembelajaran  :
1.       Siswa menghafal bacaan salat secara klasikal, kelompok dan individu

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Pembahasan singkat tentang materi bacaan salat sebelumnya
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal bacaan salat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menghafal bacaan salat secara berkelompok
F Siswa menghafal bacaan salat secara individu
F Siswa menampilkan hafalan bacaan salat di depan kelas
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan serta ditulis di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lafal bacaan salat di karton atau papan tulis
2.    Gambar peraga gerakan salat
3.    Buku tata cara salat
4.    Buku Pendidikan Agama Islam.
5.    Pengalaman guru
6.    Lingkungan sekitar

Penilaian:                                                                                                                      
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø   Melafalkan bacaan salat dengan benar

Tes lisan


Hafalan
Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat

1.       Hafalkan bacaan salat satu persatu!
2.       فَإِنَّكَ تَقْضِيْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ Fainnaka taqdî walā yuqdā ‘……….
3.       فَإِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ
Fainnahū laayadzillu man ………..
4.       وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ
Walā ya’izzu man ‘………………
5.       تَباَرَكْتَ رَبَّناَ وَتَعَالَيْتَ
Tabārakta rabbanā wata’ ………….
6.       فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى ماَ قَضَيْتَ
Falakal hamdu ‘alā mā ……….
7.       اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ       Astaghfiruka wa’a tūbu ……………
8.       Bagaimana artinya Allāhummahdinî fîman hadait
9.       Bagaimana artinya Watawallanî fîman tawallait
10.   Bagaimana artinya Waqinî syarramā qadait








Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011

0 komentar:

Poskan Komentar