Pages

Selasa, 25 Desember 2012

SILABUS PAI KELAS 4 SEMESTER 1






SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   SD IST AL ALBANI
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester             :   2
Standar kompetensi (Alquran): 6. Membaca dan menulis huruf Alquran

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Membaca huruf Hijaiah bersambung


















Bacaan huruf Hijaiah bersambung




















1. Siswa dikenalkan tentang huruf Hijaiah bersambung, membaca huruf Hijaiah bersambung secara bersama-sama dan siswa belajar memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah














1. Mengenal huruf Hijaiah Bersambung

Tes tulis

Pilihan ganda

 يُنْصَرُterdiri dari
a.  ي ن ر
b. ي ن ص
c. À Ç à è

4 × 35 menit













1. Tuliskan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Tulislah lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3. Buku tajwid
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 , halaman 69-78
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar


2. Membaca huruf Hijaiah bersambung

Tes lisan

Pelafalan

Lafalkan huruf-huruf Hijaiah bersambung berikut!















3. Memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar

Tes tulis

Jawaban singkat

 عَمِلُ, mim pada kata tersebut berharakat …

6.2 Menulis huruf Hijaiah bersambung


Menulis huruf Hijaiah bersambung

1. Siswa berlatih memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung dan mempraktikkan penulisan huruf Hijaiah bersambung secara individu

1. Memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung

Tes tulis

Jawaban singkat

Bagaimana bentuk tengah huruf
 ح س ل ?

(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 2  halaman 80-81)

2 × 35 menit


1. Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Tulisan lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3. Buku Tajwid
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 , halaman 78-81
5. Alquran (juz Amma)
6. Kaset atau CD  

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                         Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL ALBANI




( Heru Ichwanudin , S.T. )                                                                                                                                                                   ( Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006                                                                                                                                                                                  NIP. 041501011


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   SD IST AL ALBANI
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester             :   2
Standar kompetensi (Aqidah): 7. Mengenal Asmaul Husna

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna

Lima Asmaul Husna:
- As Salam
- Al Khaliq
- Al Goffar
- As Sami’
- Al Basir


1. Siswa melafalkan lima dari Asmaul Husna secara klasikal, kelompok dan individu

1. Menyebutkan lima Asmaul Husna

Tes lisan

Pelafalan

Sebutkan lima Asmaul Husna!

2 × 35 menit


1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 2 halaman 87
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar


7.2 Mengartikan Asmaul Husna






Arti lima Asmaul Husna:
- As Salam
 اَلسَّلاَمُ
Maha menyelamatkan
- Al Kholiq
اَ لْخَالِقُ
Maha pencipta
- Al Goffar
 اَ لْغَفَّارُ
Maha pengampun
- As Sami’
  اَلسَّمِيْعُ
Maha mendengar
- Al Basir
  اَ لْبَصِيْرُ
Maha melihat

1. Siswa berlatih mengartikan lima Asmaul Husna secara menghafalkan lima Asmaul Husna beserta artinya







2. Mengartikan lima Asmaul Husna

Tes tulis

Jawaban singkat

Apa arti Asmaul Husna As Sami’?

2 × 35 menit







1. Tuliskan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk
dicocokkan
2. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 2 halaman 87-89
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar



2. Hafal lima Asmaul Husna beserta artinya

Tes lisan

Hafalan

Hafalkan lima Asmaul Husna beserta artinya!

2. Praktik menulis huruf Hijaiah bersambung

Tes unjuk kerja

Praktik

Salinlah kembali huruf Hijaiah bersambung di bawah ini dengan benar!


Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),



............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                         Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL ALBANI




( Heru Ichwanudin , S.T. )                                                                                                                                                                   ( Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006                                                                                                                                                                                  NIP. 041501011




SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :    SD IST AL ALBANI
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester             :   2
Standar kompetensi (Akhlak): 8. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1 Mencontoh perilaku hormat dan santun kepada orangtua dan guru

Hormat dan santun kepada orangtua

1. Siswa memberikan pedapatnya tentang tatacara hormat kepada orangtua dan guru menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru, serta berlatih membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru

1. Menjelaskan tatacara hormat kepada orangtua dan guru

Tes tulis

Esay

Mengapa orangtua wajib dihormati?

2 × 35 menit


1. Gambar peraga tentang anak yang berbakti kepada orangtua
2. Teks cerita tentang akibat anak yang durhaka kepada orangtua (cerita sohabat Nabi yang bernama Al Qomah atau lainnya)
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2  halaman 93-97
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar


2. Menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru

Tes lisan

Jawaban singkat

Beri masing-masing satu contoh hormat terhadap orangtua dan guru!



3. Membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru


Tes tulis

Jawaban singkat

Apa yang kamu lakukan jika orangtuamu sakit?


8.2 Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga


Sopan dan santun terhadap tetangga

1. Siswa menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga, dan membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga

1. Menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga

Tes tulis

Jawaban singkat

Apa saja yang baik dilakukan terhadap tetangga?

2 × 35 menit


1. Gambar peraga tentang perilaku sopan dan santun terhadap tetangga
2. Teks cerita tentang manfaat berperi-laku sopan dan santun terhadap tetangga (cerita kehidupan Nabi Muhammad dengan para tetangganya)
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid II , halaman 98-99
4. Pengetahuan guru
5. Lingkungan sekitar


2. Membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga

Tes tulis

Jawaban singkat

Jika tetangga kita sakit, kita harus ….




Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),






............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                         Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL ALBANI




( Heru Ichwanudin , S.T. )                                                                                                                                                                   ( Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006                                                                                                                                                                                  NIP. 041501011


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   SD IST AL ALBANI
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester             :   2
Standar kompetensi (Fiqih): 9. Membiasakan salat secara tertib

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

9.1 Membiasakan salat secara tertib

Gerakan salat

1. Siswa menghafalkan gerakan salat secara klasikal dan individu, menunjukkan gerakan salat dengan tertib dan mempraktikkan gerakan salat dengan benar

1. Menunjukkan gerakan salat dengan tertib

Tes tulis

Jawaban singkat

Tulis gerakan salat dalam satu rakaat dengan berurutan

2 × 35 menit


1. Lafal bacaan salat
2. Gambar peraga salat
3. Buku tatacara salat
4. Buku PendidikanAgama  Islam jilid 2  halaman 103-109
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar



2. Mempraktikkan gerakan salat dengan benar

Tes praktik

Praktik

Praktik gerakan salat dengan benar!




Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                         Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL ALBANI




( Heru Ichwanudin , S.T. )                                                                                                                                                                   ( Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006                                                                                                                                                                                  NIP. 041501011


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :    `SD IST AL ALBANI
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester             :   2
Standar kompetensi (Fiqih): 9. Membiasakan salat secara tertib

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

9.2 Mempraktikkan salat secara tertib

Praktik salat

1. Siswa mempraktikkan keserasian bacaan dan gerakan salat secara bersama-sama, kemudian mempraktikkan secara individu





1. Melaksanakan salat dengan sempurna

Tes praktik

Praktik

Praktikkan salat dengan sempurna

(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 2  halaman 120)

4 × 35 menit


1. Lafal bacaan salat
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Kelas/ruangan/musholla
4. Perlengkapan salat
5. Buku tatacara salat
6. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 , halaman 113-121
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Latihan Semester 2









2x35 menit

Halaman  126-129










............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                         Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL ALBANI




( Heru Ichwanudin , S.T. )                                                                                                                                                                   ( Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006                                                                                                                                                                                  NIP. 041501011



SILABUS
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN PELAJARAN 2011/2012




KELAS II ( DUA )
SEMESTER II




SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI
SD IST AL-ALBANI


0 komentar:

Poskan Komentar