SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SD IST AL
ALBANI
Kelas :
II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar
kompetensi (Alquran): 6. Membaca dan menulis huruf Alquran
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
6.1 Membaca huruf Hijaiah bersambung
|
Bacaan
huruf Hijaiah bersambung
|
1.
Siswa dikenalkan tentang huruf Hijaiah bersambung, membaca huruf Hijaiah
bersambung secara bersama-sama dan siswa belajar memahami bentuk perubahan
huruf Hijaiah
|
1.
Mengenal huruf Hijaiah Bersambung
|
Tes tulis
|
Pilihan
ganda
|
يُنْصَرُterdiri dari
a. ي ن ر
b.
ي
ن ص
c.
À Ç à è
|
4
× 35 menit
|
1. Tuliskan lafal huruf Hijaiah pada
karton atau papan tulis
2. Tulislah lafal huruf Hijaiah
bersambung pada karton atau papan tulis
3. Buku tajwid
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid
2 , halaman 69-78
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
2.
Membaca huruf Hijaiah bersambung
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan
huruf-huruf Hijaiah bersambung berikut!
|
|
|
|||
3.
Memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar
|
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
|
عَمِلُ, mim pada kata
tersebut berharakat …
|
|||||
6.2 Menulis huruf Hijaiah bersambung
|
Menulis
huruf Hijaiah bersambung
|
1.
Siswa berlatih memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung dan
mempraktikkan penulisan huruf Hijaiah bersambung secara individu
|
1.
Memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Bagaimana
bentuk tengah huruf
ح
س ل ?
(Lihat
Buku Pendidikan Agama Islam
SD jl. 2 halaman 80-81)
|
2
× 35 menit
|
1. Tulisan
lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Tulisan
lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3. Buku
Tajwid
4. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 2 , halaman 78-81
5. Alquran
(juz Amma)
6. Kaset atau
CD
|
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL
ALBANI
( Heru Ichwanudin , S.T. ) (
Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006 NIP.
041501011
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SD IST AL
ALBANI
Kelas :
II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar
kompetensi (Aqidah): 7. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
|
Lima Asmaul
Husna:
- As Salam
- Al Khaliq
- Al Goffar
- As Sami’
- Al Basir
|
1. Siswa melafalkan lima dari Asmaul Husna secara klasikal,
kelompok dan individu
|
1. Menyebutkan lima Asmaul Husna
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Sebutkan lima Asmaul Husna!
|
2 × 35 menit
|
1. Tulisan lima Asmaul Husna di
atas potongan karton atau papan tulis
2. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 2 halaman
87
3. Pengalaman
guru
4. Lingkungan
sekitar
|
7.2 Mengartikan Asmaul Husna
|
Arti
lima Asmaul
Husna:
-
As Salam
اَلسَّلاَمُ
Maha
menyelamatkan
-
Al Kholiq
اَ لْخَالِقُ
Maha
pencipta
-
Al Goffar
اَ لْغَفَّارُ
Maha
pengampun
-
As Sami’
اَلسَّمِيْعُ
Maha
mendengar
-
Al Basir
اَ لْبَصِيْرُ
Maha
melihat
|
1.
Siswa berlatih mengartikan lima Asmaul Husna
secara menghafalkan lima
Asmaul Husna beserta artinya
|
2.
Mengartikan lima
Asmaul Husna
|
Tes
tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa
arti Asmaul Husna As Sami’?
|
2 × 35 menit
|
1. Tuliskan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian
lain arti dari lima
Asmaul Husna pada karton lainnya untuk
dicocokkan
2. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 2 halaman
87-89
3. Pengalaman
guru
4. Lingkungan
sekitar
|
2. Hafal lima Asmaul Husna beserta artinya
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan lima Asmaul Husna beserta artinya!
|
|||||
2. Praktik menulis huruf Hijaiah
bersambung
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
Salinlah kembali huruf Hijaiah
bersambung di bawah ini dengan benar!
|
|||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL
ALBANI
( Heru Ichwanudin , S.T. ) (
Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006 NIP.
041501011
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SD IST AL
ALBANI
Kelas :
II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar
kompetensi (Akhlak): 8. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
8.1 Mencontoh perilaku hormat dan
santun kepada orangtua dan guru
|
Hormat
dan santun kepada orangtua
|
1.
Siswa memberikan pedapatnya tentang tatacara hormat kepada orangtua dan guru
menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru, serta berlatih
membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru
|
1.
Menjelaskan tatacara hormat kepada orangtua dan guru
|
Tes tulis
|
Esay
|
Mengapa
orangtua wajib dihormati?
|
2
× 35 menit
|
1. Gambar peraga tentang anak yang
berbakti kepada orangtua
2. Teks cerita tentang akibat anak
yang durhaka kepada orangtua (cerita sohabat Nabi yang bernama Al Qomah atau
lainnya)
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid
2 halaman 93-97
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
|
2.
Menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru
|
Tes lisan
|
Jawaban
singkat
|
Beri
masing-masing satu contoh hormat terhadap orangtua dan guru!
|
|
||||
3.
Membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru
|
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
|
Apa
yang kamu lakukan jika orangtuamu sakit?
|
|
||||
8.2 Menampilkan perilaku sopan dan
santun kepada tetangga
|
Sopan
dan santun terhadap tetangga
|
1.
Siswa menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga, dan
membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga
|
1.
Menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
Apa
saja yang baik dilakukan terhadap tetangga?
|
2
× 35 menit
|
1. Gambar
peraga tentang perilaku sopan dan santun terhadap tetangga
2. Teks
cerita tentang manfaat berperi-laku sopan dan santun terhadap tetangga
(cerita kehidupan Nabi Muhammad dengan para tetangganya)
3. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid II , halaman 98-99
4.
Pengetahuan guru
5. Lingkungan sekitar
|
2.
Membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga
|
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
|
Jika
tetangga kita sakit, kita harus ….
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL
ALBANI
( Heru Ichwanudin , S.T. ) (
Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006 NIP.
041501011
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SD IST AL
ALBANI
Kelas :
II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar
kompetensi (Fiqih): 9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.1 Membiasakan salat secara tertib
|
Gerakan
salat
|
1.
Siswa menghafalkan gerakan salat secara klasikal dan individu, menunjukkan
gerakan salat dengan tertib dan mempraktikkan gerakan salat dengan benar
|
1.
Menunjukkan gerakan salat dengan tertib
|
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
|
Tulis
gerakan salat dalam satu rakaat dengan berurutan
|
2
× 35 menit
|
1. Lafal bacaan salat
2. Gambar peraga salat
3. Buku tatacara salat
4. Buku PendidikanAgama Islam jilid 2 halaman 103-109
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
2.
Mempraktikkan gerakan salat dengan benar
|
Tes praktik
|
Praktik
|
Praktik
gerakan salat dengan benar!
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL
ALBANI
( Heru Ichwanudin , S.T. ) (
Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006 NIP.
041501011
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : `SD IST AL
ALBANI
Kelas :
II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar
kompetensi (Fiqih): 9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
9.2 Mempraktikkan salat secara
tertib
|
Praktik
salat
|
1.
Siswa mempraktikkan keserasian bacaan dan gerakan salat secara bersama-sama,
kemudian mempraktikkan secara individu
|
1.
Melaksanakan salat dengan sempurna
|
Tes praktik
|
Praktik
|
Praktikkan
salat dengan sempurna
(Lihat
Buku Pendidikan Agama Islam
SD jl. 2 halaman 120)
|
4
× 35 menit
|
1. Lafal bacaan salat
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Kelas/ruangan/musholla
4. Perlengkapan salat
5. Buku tatacara salat
6. Buku Pendidikan Agama Islam jilid
2 , halaman 113-121
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
||||||||
Latihan
Semester 2
|
|
|
|
|
|
|
2x35 menit
|
Halaman 126-129
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL
ALBANI
( Heru Ichwanudin , S.T. ) (
Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006 NIP.
041501011
SILABUS
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KELAS II ( DUA )
SEMESTER II
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN
TEKNOLOGI
SD IST AL-ALBANI
0 komentar:
Posting Komentar