Pages

Minggu, 27 Januari 2013

Cara Membedakan Jam Tangan Asli atau Palsu





Cara Membedakan Jam Tangan Asli atau Palsu
Saat ini cukup banyak jam tangan palsu atau sering disebut KW yang beredar di pasaran. Jam Tangan KW biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dari yang asli. Namun yang menjadi masalah ada penjual nakal yang menjual barang palsu namun disebut asli dan dijual dengan harga mahal.
Pada kesempatan kali ini JamTanganOnlineShop.com akan memberikan tips bagaimana cara membedakan jam tangan asli dan palsu. Dikarenakan produk yang kami jual kebanyakan adalah merk Q&Q, maka untuk gambar yang kami gunakan adalah produk Q&Q. Namun tips ini juga bisa digunakan untuk membedakan jam tangan ori dan KW untuk merk lainnya (kami juga menyertakan gambar beda produk Jam Tangan Swiss Army asli dan palsu).
Memang Q&Q ada produk palsunya? Yup, walau merk ini terkenal dengan harganya yang sangat terjangkau namun dikarenakan kualitas produknya sudah teruji selama puluhan tahun, maka banyak produsen nakal yang memalsukan merk Q&Q untuk keuntungan pribadi. Q&Q Sendiri merupakan anak perusahaan CITIZEN, info lebih lengkap mengenai merk Q&Q klik disini.
Berikut Tips Membedakan Jam Tangan Asli dan Palsu:
1. Perhatikan Bentuk Fisiknya
Secara keseluruhan, jam tangan asli akan memiliki finishing atau hasil akhir yang lebih baik. Tulisannya sangat rapi, pengerjaannya halus dan juga presisi. Perhatikan gambar-gambar dibawah:
Jam Tangan Q&Q Palsu (Tampak Depan):
Gambar 1. Jam Tangan Q&Q Palsu
Gambar diatas merupakan gambar jam tangan Q&Q Palsu. Bila diperhatikan angka maupun huruf yang tertulis terlihat kurang rapi dan seperti “jelembret” dan berbayang. Bandingkan dengan produk Q&Q asli dibawah:
Jam Tangan Q&Q Asli (Tampak Depan):
Gambar 2. Jam tangan Q&Q Asli
Tulisan angka dan huruf pada jam tangan Q&Q Asli rapi dan presisi, bahkan untuk tulisan yang sangat kecil sekalipun (tulisan dalam kotak kuning) terlihat rapi.
Jam Tangan Q&Q KW (Tampak Belakang):
Gambar 3. Jam Tangan Q&Q KW
Bila diperhatikan sekilas, bagian belakang Jam Tangan Q&Q KW diatas terlihat seperti asli, namun bila dicermati secara seksama pembuatan jam tangan tersebut kurang baik dan masih terlihat kasar, yaitu:
  1. Tulisan pada back case terlihat kurang rapi, kurang jelas dan seperti asal cetak
  2. Bulatan yang ada disekeliling gambar kapal terlihat seperti putus, tidak bulat sempurna
  3. Arsiran pada gambar kapal tidak merata.
Bandingkan Q&Q palsu dengan gambar dibawah:
Jam Tangan Q&Q Original (Tampak Belakang):
Gambar 4. Jam Tangan Q&Q Original
Pada back case jam tangan Q&Q original, tulisannya terlihat rapi, arsiran serta gambarnya terlihat dengan jelas serta ada tulisan Q&Q (pada gambar diatas tulisan Q&Q terletak pada bagian atas back case dan di dalam layar).
2. Ketahui Logo dan cara Penulisan Merk Jam Tangan
Kenali secara pasti cara penulisan dan gambar logo dari merk jam tangan yang ingin Anda beli. Pada kasus-kasus tertentu, jam tangan palsu mencetak merk jam tangan yang terlihat mirip namun sebenarnya berbeda. Perbedaan tersebut bisa dari salah pengejaan, cara penulisannya berbeda atau bisa juga gambar logo yang berbeda.
Dalam contoh Gambar 1 diatas, bila dilihat menggunakan kaca pembesar dan diperhatikan dengan cermat, jam tangan palsu tersebut sebenarnya bukan merk Q&Q namun O&Q namun ditulis sedemikian rupa agar terlihat mirip Q&Q.
Contoh lain yang cukup sering ditemui adalah perbedaan jam tangan Swiss Army asli dan “palsu”. Perbedaanya dapat dilihat pada gambar logo dan tulisan merk jam tangan. Untuk jam tangan Swiss Army yang asli, lisensinya dipegang oleh Victorinox. Yang original Swiss, merk-nya sebagian besar tertulis Victorinox Swiss Army dan lambangnya adalah lambang tanda plus (+) yang terletak di dalam perisai. Biasanya warna perisai adalah merah dan warna tanda plus adalah putih, namun ada beberapa produk ori yang tidak menggunakan kombinasi warna tersebut namun merupakan sebuah emblem. Catatan:  Beberapa produk tipe lama ada yang hanya tertulis Swiss Army saja pada bagian depan jam, namun pada bagian back case tertulis Victorinox Swiss Army.
Sedangkan untuk produk Swiss Army “Palsu” tulisan merk-nya hanyalah Swiss Army (tidak ada tulisan Victorinox) dan lambangnya biasanya adalah tanda plus berwarna putih yang terletak di dalam jajaran genjang berwarna merah. (perhatikan gambar dibawah)
Perbedaan logo jam tangan Swiss Army asli dan “palsu”
Gambar 5. Perbedaan logo Swiss Army Asli dan “palsu”
Kebanyakan produk jam tangan Swiss Army yang dijual di Indonesia adalah bukan produk yang memiliki lisensi dari Victorinox. Wajar saja harga yang ditawarkan biasanya Rp. 500 ribuan. Sedangkan produk Victorinox original biasanya berharga Rp. 3 juta keatas. Produk-produk “Aspal” atau asli tapi palsu tersebut tidak bisa dikatakan 100% palsu. Hal ini dikarenakan Victorinox Swiss Army dan Swiss Army merupakan dua merek dagang yang berbeda.
Jadi kalau ada yang mengatakan menjual produk Swiss Army asli dan bergaransi resmi namun anda lihat logonya merupakan tanda plus didalam jajaran genjang, maka orang tersebut tidaklah berbohong. Produk tersebut memang asli, tapi yang pasti bukan buatan Victorinox.
3. Ketahui Fitur-Fitur Yang Dimiliki Jam Tangan
Bila Anda membeli jam tangan yang memiliki beberapa fitur tambahan seperti Chronograph, timer, dll, pastikan fungsi-fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik dan sebagaimana mestinya.
4. Mesin yang digunakan
Untuk mengetahui keaslian dari sebuah jam tangan memang dapat dilihat dari mesin atau tenaga penggerak yang digunakan. Untuk melihatnya memang sedikit sulit dan harus membongkar jam tangan terlebih dahulu.
5. Periksa Model dan Tipe (Seri) Jam Tangan
Model dan tipe jam tangan ada yang ditulis pada badan jam tangan, namun ada juga yang ditulis pada kertas yang menempel pada saat jam tangan masih baru. Pada contoh Gambar 2 diatas, tipe jam tangan Q&Q asli tersebut adalah tipe GT44 dan tertulis pada badan jam (tulisannya sangat kecil dan rapi). Untuk produk Q&Q digital biasanya tipe atau seri jam tangan ditulis pada kertas yang melingkar pada jam tangan seperti gambar dibawah:
Gambar 6. Seri Jam Q&Q = MMW3 (P102Y biasanya adalah kode untuk warna jam Q&Q)
Setelah Anda mengetahui tipe atau model jam tangan, periksa apakah model tersebut memang dikeluarkan secara resmi oleh pemegang merk yang bersangkutan. Untuk mengetahuinya Anda dapat melihat pada katalog resmi produk. Namun, terkadang untuk mencari katalog produk yang diinginkan memang agak sulit dan bila tersedia di Internet biasanya ukuran filenya cukup besar.
Cara mudah untuk mengetahui apakah tipe yang tertulis sesuai dengan model jam tangan atau memang ada tipe tersebut, gunakan saja mesin pencarian gambar Google (images.google.com). Ketikkan saja merk jam tangan + model / seri jam tangan. Sebagai contoh, ketikkan saja Q&Q GT44. Nanti akan terlihat gambar dari model jam tangan yang dimaksud. Bila Anda menemukan gambar di internet sama dengan produk aslinya, maka tipe jam tangan tersebut adalah benar-benar ada dan sesuai.
Bila tidak dapat ditemukan tipe yang dimaksud, atau gambarnya jauh berbeda dengan produk aslinya, maka ada kemungkinan jam tangan Anda palsu.
6. Harga
Harga biasanya berbanding lurus dengan kualitas. Bila ada produk asli yang dijual dengan harga sangat murah, bahkan di diskon sampai 90%, maka Anda harus ekstra hati-hati dan ada kemungkinan produk tersebut palsu. Anda harus mewaspadai produk Q&Q yang dijual dengan harga dibawah Rp. 60.000. Bila Anda ingin membeli produk tersebut, coba tanyakan tipe jam tangan Q&Q tersebut lalu periksa apakah seri Q&Q tersebut benar-benar ada.
7. Anti Air (Water Resist)
Tidak semua jam tangan original bisa dibawa berenang. Namun setidaknya jam tangan asli kacanya tidak akan berembun bila dipakai saat hujan, terkena percikan air atau saat kondisi cuaca dingin.
Demikianlah informasi cara membedakan jam tangan asli dan palsu persembahan JamTanganOnlineShop.com, semoga berguna bagi Anda sekalian.

5 komentar:

  1. artikel bermanfaat gan, lumayan utk referensi tambahan buat milih jam tangan pria original :)

    BalasHapus
  2. Sebagai rasa terima kasih kami kepada pelanggan/calon pelanggan, maka mulai tahun ini kami kembali mengadakan promo “Bagi-bagi Notebook Tanpa Diundi“.

    Para pelanggan bisa mendapatkan hadiah berupa notebook, blackberry, handphone, ipod nano, flashdisk, dan bermacam-macah hadiah lainnya yang akan diberikan langsung setiap pembelian produk dengan paket dan harga produk sesuai yang telah kami tentukan minimal pembelian Rp50 ribu rupiah saja.


    Berikut hadiah langsung yang bisa didapatkan oleh para pelanggan

    - SAMSUNG GALAXY 5



    - Flashdisk 16 Gb KINGSTON



    - Flashdisk 32 Gb KINGSTON



    - Flashdisk 80 Gb KINGSTON



    - Flashdisk 100 Gb KINGSTON



    - HP NOKIA LUMIA



    - Flashdisk 130 Gb KINGSTON



    - HP NOKIA ANDROID



    - HP Qwerty HT MOBILE G10



    - NEW IPHONE 6



    - HP Qwerty HT MOBILE G10



    - HP Qwerty IMO B720



    - HP Qwerty HT MOBILE G10



    - HP Qwerty IMO B720



    - APPLE Ipod Nano



    - HP Qwerty IMO B720



    - SAMSUNG TABLET



    - BLACKBERRY Curve



    - SONY TABLET



    - Netbook ACER Aspire One



    - Notebook ACER Aspire 4740



    - BLACKBERRY Curve



    - Notebook ACER Aspire 4740



    - TOSHIBA Satellite L510























































































































































































    Buruan sebelum promo berakhir!
    JANGAN LUPA ..... DIBAWAH INI UTK MENDPTKAN LEPTOP/NOTEBOOK GRATIS
    >>> MAU DONG? >>>

    BalasHapus
  3. terimakasih gan, kebetulan saya juga lagi cari jam tangan original

    BalasHapus
  4. wah keren, terimakasih yah informasinya. terkadang saya itu ragu kalu beli jam tangan online cz, takut kena tipu. tapi habis lihat pembahasan di atas jadi lebih yakin mau beli jam.

    BalasHapus