SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SD IST AL
ALBANI
Kelas :
II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar
kompetensi (Alquran) : 1. Menghafal Alquran
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mengenal huruf Hijaiah
|
Huruf
Hijaiah
|
1.
Siswa melafalkan huruf hijaiah secara klasikal, kelompok dan individu
mengikuti bacaan guru, dan menghafalkan huruf Hijaiah secara kelompok dan
individu serta menampilkan hafalannya di depan kelas
|
1.
Melafalkan huruf hijaiah dengan benar
|
Tes
lisan
|
Pelafalan
|
1.Lafalkan huruf hijaiah satu
persatu!
|
4 × 35 menit
|
1. Tulisan lafal huruf hijaiah pada
karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Alquran (juz Amma)
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid
2 , halaman 2-5
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset atau CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
2.
Menunjukkan hafal huruf Hijaiah
|
Tes
lisan
|
Hafalan
|
1.
Hafalkan huruf-huruf hijaiah satu persatu!
|
|||||
1.2 Mengenal tanda baca (harakat)
|
Tanda
baca (harakat)
|
1.
Siswa melafalkan huruf Hijaiah berharakat secara klasikal, kelompok dan
individu mengikuti bacaan guru serta menampilkan kemampuannya melafalkan
tanda baca di depan kelas
|
1.
Melafalkan huruf Hijaiah beraharakat:
-
fatah
-
kasrah
-
damah
-
tanwin
-
sukun
|
Tes
lisan
|
Pelafalan
|
1.
Bacalah huruf Hijaiah berharakat berikut!
(Lihat
Buku Pendidikan Agama Islam
SD jl. 2 halaman 7-8)
|
2
× 35 menit
|
1. Tulisan
tanda baca (harakat) di karton atau papan tulis
2. Tulisan
huruf Hijaiah berharakat di karton atau papan tulis
3. Buku
tajwid
4. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 2 , halaman 6-8
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset atau CD Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar
|
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL
ALBANI
( Heru Ichwanudin , S.T. ) (
Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006 NIP.
041501011
SILABUS
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
KELAS II ( DUA )
SEMESTER I
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN
TEKNOLOGI
SD IST AL-ALBANI
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SD IST AL
ALBANI
Kelas :
II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar
kompetensi (Aqidah): 2. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
|
Asmaul Husna
|
1. Siswa melafalkan lima
dari Asmaul Husna secara klasikal, kelompok dan individu, serta menghafal-kan
lima dari
Asmaul Husna secara kelompok dan individu
|
1. Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
1. Sebutkan lima dari Asamaul Husna!
|
2 × 35 menit
|
1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian
lain arti dari lima
Asmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Buku
pendidikan Agama Islam jilid 2 halaman
12-17
3. Pengalaman
guru
4. Lingkungan
sekitar
|
2. Hafal lima dari Asmaul Husna
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
1. Hafalkan lima dari Asmaul Husna
|
|
||||
2.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna
|
Arti
dari Asmaul Husna
|
1.
Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna
secara berkelompok dan mengha-fal arti lima
Asmaul Husna secara individu dan bersama-sama
|
1.
Mengartikan lima
dari Asmaul Husna
|
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
|
1.
Apa Asmaul Husna yang artinya Maha Penyayang?
|
2
× 35 menit
|
1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian
lain arti dari lima
Asmaul Husnah pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 2 halaman
12-17
3. Pengalaman
guru
4. Lingkungan
sekitar
|
2.
Hafal lima
dari Asmaul Husna
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
2.
Hafalan lima
dari Asmaul Husna beserta artinya!
|
|||||
(Lihat
Buku Pendidikan Agama Islam
SD jl. 1 halaman 16)
|
||||||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui GuruMapelPendidikanAgamaIslam
Kepala SD IST AL
ALBANI
( Heru Ichwanudin , S.T. ) (
Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006 NIP.
041501011
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SD IST AL
ALBANI
Kelas :
II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar
kompetensi (Akhlak): 3. Mencontoh perilaku terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1 Menampilkan perilaku rendah hati
|
Rendah
hati
|
1.
Siswa memberikan komentar tentang rendah hati setelah mendengar uraian guru
menyebutkan keuntungan perilaku rendah hati, memberikan contoh sikap rendah
hati, dan menerapkannya
|
1.
Menjelaskan pengertian rendah hati
|
Tes
tulis
|
Esay
|
Apa
yang dimaksud dengan sikap rendah hati?
|
2
× 35 menit
|
1. Bahan cerita tentang para sahabat
Nabi Muhammad yang rendah hati.
2. Potongan karton yang tertuliskan
contoh sikap rendah hati dan sikap sombong untuk dipisah-pisahkan, mana yang
termasuk sikap rendah hati
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 halaman 22-25
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru atau pribadi
siswa
6. Lingkungan sekitar
|
2.
Menunjukkan contoh-contoh perilaku rendah hati
|
Tes
tulis
|
Pilihan
ganda
|
Rendah
hati adalah sikap …
a.
kurang baik
b.
terpuji
c.
belebihan
|
|
||||
3.
Menerapkan perilaku rendah hati
|
Tes
tulis
|
Jawaban
singkat
|
Sebutkan
satu keuntungan berperilaku rendah hati!
|
|
||||
3.2 Menampilkan perilaku hidup
sederhana
|
Hidup
sederhana
|
1.
Siswa memberikan komentar tentang perilaku hidup sederhana setelah mendengar
uraian guru, menyebutkan keuntungan perilaku hidup sederhana, memberikan
contoh sikap hidup sederhana, dan menerapkannya
|
1.
Menjelaskan pengertian hidup seherhana
2. Menunjukkan contoh hidup
sederhana
|
Tes
tulis
Tes tulis
|
Esay
Pilihan ganda
|
Apa
yang dimaksud dengan hidup sederhana
Makanan tidak perlu selalu mewah
tetapi ….
|
2
× 35 menit
|
1. Gambar
peraga penampilan sikap sederhana
2. Teks
cerita singkat tentang sikap hidup sederhana pada sahabat Nabi
3. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 2 halaman
26-28
4. Alquran
(juz Amma)
5. Pengalaman
guru atau pribadi siswa
6. Lingkungan
sekitar
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
|
|
|
|
|
|
a. lezat
b. bergizi
c. banyak
|
3
× 35 menit
|
1. Gambar
peraga penampilan sikap sederhana
2. Teks
cerita singkat tentang sikap hidup sederhana pada sahabat Nabi
3. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 2 halaman
26-28
4. Alquran
(juz Amma)
5. Pengalaman
guru atau pribadi siswa
6. Lingkungan
sekitar
|
3. Menerapkan hidup sederhana
|
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
|
Bagaimana cara hidup sederhana dalam
harta?
|
|||||
3.3 Menampilkan adab buang air besar
dan kecil
|
Adab
buang air besar dan kecil
|
1.
Siswa mengutarakan pengetahuannya tentang adab buang air besar dan kecil,
menjelaskan tata cara buang air besar dan kecil yang baik, mengha-falkan doa
katika masuk dan keluar kamar kacil dan menampilkan hafalannya
|
Menunjukkan
adab buang air besar dan kecil
2.
Menjelaskan tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
Esay
|
Kaki
manakah yang harus didahulukan ketika masuk ke kamar kecil?
Bagaimana
tata cara buang air besar dan kecil yang benar?
|
2
× 35 menit
|
1. Gambar peraga
2. Lafal doa ketika masuk dan keluar
kamar kecil di karton atau papan tulis
3. Buku Pendidikan Agama Islam
jilid 2 halaman 29-31
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru atau pribadi
6. Lingkungan sekitar
|
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui GuruMapelPendidikanAgamaIslam
Kepala SD IST AL ALBAN
( Heru Ichwanudin
, S.T. ) (
PuguhHandriyasto )
NIP. 009001006 NIP.
041501011
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SD IST AL
ALBANI
Kelas :
II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar
kompetensi (Fiqih): 4. Mengenal tata cara wudu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
4.1 Membiasakan wudu dengan tertib
|
Tata
cara berwudu
|
1.
Siswa memahami hal-hal yang berkaitan dengan wudu, menghafalkan niat wudu,
mengenal dan mema-hami tata cara berwudu, dan mempraktikkan cara berwudu
|
1.
Menjelaskan tata cara wudu yang benar
|
Tes tulis
|
Esay
|
Bagaimana
cara melaksanakan wudu?
|
4 × 35 menit
|
1. Alat dan tempat berwudu
2. Gambar peraga orang berwudu seta
urutannya
3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 halaman 35-45
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar
|
2.
Menyebutkan urutan berwudu
|
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
|
Setalah
berkumur dan membasuh luabang hidung kemudian ….
|
|
||||
3.
Menyebutkan hal-hal yang membatal-kan wudu
|
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
|
Sebutkan
dua hal yang membatalkan wudu!
|
|
||||
4.
Praktik berwudu dengan benar
|
Tes praktik
|
Praktik
|
Praktikkan
berwudu dengan benar
|
|
||||
4.2 Membaca doa setelah berwudu
|
Doa
setelah berwudu
|
1.
Siswa melafalkan doa setelah berwudu secara klasikal, kelompok dan individu,
menghafal doa sesudah berwudu serta mempraktikkan berdoa setelah berwudu
|
1.
Melafalkan doa setelah berwudu
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan
doa setelah berwudu!
|
2 × 35 menit
|
1. Tuliskan
lafal doa setelah berwudu di karton atau papan tulis
2. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 2 halaman
41-42
3. Pengalaman
guru
4. Lingkungan
sekitar
|
2. Praktik berdoa setelah berwudu
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan doa setelah berwudu!
|
|
||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL
ALBANI
( Heru Ichwanudin , S.T. ) (
Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006 NIP.
041501011
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SD IST AL
ALBANI
Kelas :
II
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar
kompetensi (Fiqih): 5. Mengenal Bacaan Salat
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/Pembahasan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
5.1 Melafalkan bacaan salat
|
Bacaan salat
|
1. Siswa melafalkan baca-an salat
secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru
|
1. Melafalkan bacaan salat dengan
benar (takbiratul ihram, doa iftitah, doa rukuk, iktidal, sujud, duduk di
antara dua sujud, tasyahud awal dan akhir, serta salam)
|
Tes lisan
|
Pelafalan
|
Lafalkan bacaan salat satu persatu!
|
2 × 35 menit
|
1. Lafalkan
bacaan salat pada karton atau papan tulis
2. Gambar
peraga gerakan salat
3. Buku
tatacara salat
4. Buku
Pendidikan Agama Islam jilid 2 , halaman 51-62
5. Pengalaman
guru
6. Lingkungan
sekitar
|
2. Menghafalkan bacaan salat
|
Hafalan
bacaan salat
|
1.
Siswa menghafalkan bacaan salat secara klasikal dan individu serta
menampilkan hafalannya di depan kelas
|
1.
Hafal bacaan salat dengan benar
|
Tes lisan
|
Hafalan
|
Hafalkan
bacaan salat satu persatu!
|
4 × 35 menit
|
1. Tulisan lafal bacaan salat di
karton atau papan tulis
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid
2 , halaman 51-62
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
|
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence
) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
|
||||||||
Latihan
Semester 1
|
|
|
|
|
|
|
2 × 35 menit
|
Hal
66-68
|
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL
ALBANI
( Heru Ichwanudin , S.T. ) (
Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006 NIP.
041501011
0 komentar:
Posting Komentar