Pages

Selasa, 25 Desember 2012

SILABUS PAI KELAS 2 SEMESTER 1





SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   SD IST AL ALBANI
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester             :   1
Standar kompetensi (Alquran) : 1. Menghafal Alquran

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Mengenal huruf Hijaiah

Huruf Hijaiah

1. Siswa melafalkan huruf hijaiah secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru, dan menghafalkan huruf Hijaiah secara kelompok dan individu serta menampilkan hafalannya di depan kelas

1. Melafalkan huruf hijaiah dengan benar

Tes lisan

Pelafalan

1.Lafalkan huruf hijaiah satu persatu!

4 × 35 menit


1. Tulisan lafal huruf hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Alquran (juz Amma)
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 , halaman 2-5
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset atau CD    Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar


2. Menunjukkan hafal huruf Hijaiah

Tes lisan

Hafalan

1. Hafalkan huruf-huruf hijaiah satu persatu!

1.2 Mengenal tanda baca (harakat)

Tanda baca (harakat)

1. Siswa melafalkan huruf Hijaiah berharakat secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru serta menampilkan kemampuannya melafalkan tanda baca di depan kelas

1. Melafalkan huruf Hijaiah beraharakat:
- fatah
- kasrah
- damah
- tanwin
- sukun

Tes lisan

Pelafalan

1. Bacalah huruf Hijaiah berharakat berikut!

(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 2  halaman 7-8)

2 × 35 menit

1.  Tulisan tanda baca (harakat) di karton atau papan tulis
2.  Tulisan huruf Hijaiah berharakat di karton atau papan tulis
3.  Buku tajwid
4.  Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 , halaman 6-8
5. Buku-buku lain yang relevan
6. Kaset atau CD    Alquran
7. Pengalaman guru
8. Lingkungan sekitar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),






............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                         Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL ALBANI




( Heru Ichwanudin , S.T. )                                                                                                                                                                   ( Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006                                                                                                                                                                                  NIP. 041501011

SILABUS
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TAHUN PELAJARAN 2011/2012




KELAS II ( DUA )
SEMESTER I




SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI
SD IST AL-ALBANI



SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   SD IST AL ALBANI
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester             :   1
Standar kompetensi (Aqidah): 2. Mengenal Asmaul Husna

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna

Asmaul Husna

1. Siswa melafalkan lima dari Asmaul Husna secara klasikal, kelompok dan individu, serta menghafal-kan lima dari Asmaul Husna secara kelompok dan individu

1. Menyebutkan lima dari Asmaul Husna

Tes lisan

Pelafalan

1. Sebutkan lima dari Asamaul Husna!



2 × 35 menit



1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Buku pendidikan Agama Islam  jilid 2 halaman 12-17
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar


2. Hafal lima dari Asmaul Husna

Tes lisan

Hafalan

1. Hafalkan lima dari Asmaul Husna



2.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna




Arti dari Asmaul Husna





1. Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara berkelompok dan mengha-fal arti lima Asmaul Husna secara individu dan bersama-sama

1. Mengartikan lima dari Asmaul Husna

Tes tulis

Jawaban singkat

1. Apa Asmaul Husna yang artinya Maha Penyayang?


2 × 35 menit










1. Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husnah pada karton lainnya untuk dicocokkan
2. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 2 halaman 12-17
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar


2. Hafal lima dari Asmaul Husna

Tes lisan

Hafalan

2. Hafalan lima dari Asmaul Husna beserta artinya!
(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 1  halaman 16)
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),



............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                 GuruMapelPendidikanAgamaIslam
Kepala SD IST AL ALBANI




( Heru Ichwanudin , S.T. )                                                                                                                                                                                                                                                                            ( Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006                                                                                                                                                                                  NIP. 041501011

SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   SD IST AL ALBANI
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester             :   1
Standar kompetensi (Akhlak): 3. Mencontoh perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1 Menampilkan perilaku rendah hati

Rendah hati

1. Siswa memberikan komentar tentang rendah hati setelah mendengar uraian guru menyebutkan keuntungan perilaku rendah hati, memberikan contoh sikap rendah hati, dan menerapkannya

1. Menjelaskan pengertian rendah hati

Tes tulis

Esay

Apa yang dimaksud dengan sikap rendah hati?

2 × 35 menit


1. Bahan cerita tentang para sahabat Nabi Muhammad yang rendah hati.
2. Potongan karton yang tertuliskan contoh sikap rendah hati dan sikap sombong untuk dipisah-pisahkan, mana yang termasuk sikap rendah hati
3. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 2 halaman 22-25
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru atau pribadi siswa
6. Lingkungan sekitar
2. Menunjukkan contoh-contoh perilaku rendah hati

Tes tulis

Pilihan ganda
Rendah hati adalah sikap …
a. kurang baik
b. terpuji
c. belebihan

3. Menerapkan perilaku rendah hati

Tes tulis

Jawaban singkat
Sebutkan satu keuntungan berperilaku rendah hati!


3.2 Menampilkan perilaku hidup sederhana


Hidup sederhana

1. Siswa memberikan komentar tentang perilaku hidup sederhana setelah mendengar uraian guru, menyebutkan keuntungan perilaku hidup sederhana, memberikan contoh sikap hidup sederhana, dan menerapkannya

1. Menjelaskan pengertian hidup seherhana

2. Menunjukkan contoh hidup sederhana

Tes tulis



Tes tulis

Esay



Pilihan ganda

Apa yang dimaksud dengan hidup sederhana

Makanan tidak perlu selalu mewah tetapi ….


2 × 35 menit







1. Gambar peraga penampilan sikap sederhana
2. Teks cerita singkat tentang sikap hidup sederhana pada sahabat Nabi
3. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 2 halaman 26-28
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru atau pribadi siswa
6. Lingkungan sekitar


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen








a. lezat
b. bergizi
c. banyak


3 × 35 menit


1. Gambar peraga penampilan sikap sederhana
2. Teks cerita singkat tentang sikap hidup sederhana pada sahabat Nabi
3. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 2 halaman 26-28
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru atau pribadi siswa
6. Lingkungan sekitar

3. Menerapkan hidup sederhana

Tes tulis

Jawaban singkat

Bagaimana cara hidup sederhana dalam harta?


3.3 Menampilkan adab buang air besar dan kecil






Adab buang air besar dan kecil








1. Siswa mengutarakan pengetahuannya tentang adab buang air besar dan kecil, menjelaskan tata cara buang air besar dan kecil yang baik, mengha-falkan doa katika masuk dan keluar kamar kacil dan menampilkan hafalannya

Menunjukkan adab buang air besar dan kecil





2. Menjelaskan tata cara melakukan buang air besar dan kecil dengan benar

Tes tulis







Tes tulis

Jawaban singkat






Esay

Kaki manakah yang harus didahulukan ketika masuk ke kamar kecil?



Bagaimana tata cara buang air besar dan kecil yang benar?

2 × 35 menit










1. Gambar peraga
2. Lafal doa ketika masuk dan keluar kamar kecil di karton atau papan tulis
3. Buku Pendidikan Agama Islam
 jilid 2 halaman 29-31
4. Alquran (juz Amma)
5. Pengalaman guru atau pribadi
6. Lingkungan sekitar
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),








............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                 GuruMapelPendidikanAgamaIslam
 
Kepala SD IST AL ALBAN




 ( Heru Ichwanudin , S.T. )                                                                                                                                                                  ( PuguhHandriyasto )
NIP. 009001006                                                                                                                                                                                  NIP. 041501011









SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   SD IST AL ALBANI
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester             :   1
Standar kompetensi (Fiqih): 4. Mengenal tata cara wudu

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1 Membiasakan wudu dengan tertib

Tata cara berwudu

1. Siswa memahami hal-hal yang berkaitan dengan wudu, menghafalkan niat wudu, mengenal dan mema-hami tata cara berwudu, dan mempraktikkan cara berwudu

1. Menjelaskan tata cara wudu yang benar

Tes tulis

Esay

Bagaimana cara melaksanakan wudu?

4 × 35 menit


1. Alat dan tempat berwudu
2. Gambar peraga orang berwudu seta urutannya
3. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 2 halaman 35-45
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar


2. Menyebutkan urutan berwudu

Tes tulis

Jawaban singkat

Setalah berkumur dan membasuh luabang hidung kemudian ….


3. Menyebutkan hal-hal yang membatal-kan wudu

Tes tulis

Jawaban singkat

Sebutkan dua hal yang membatalkan wudu!


4. Praktik berwudu dengan benar

Tes praktik

Praktik

Praktikkan berwudu dengan benar


4.2 Membaca doa setelah berwudu

Doa setelah berwudu

1. Siswa melafalkan doa setelah berwudu secara klasikal, kelompok dan individu, menghafal doa sesudah berwudu serta mempraktikkan berdoa setelah berwudu

1. Melafalkan doa setelah berwudu

Tes lisan

Pelafalan

Lafalkan doa setelah berwudu!

2 × 35 menit






1. Tuliskan lafal doa setelah berwudu di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam  jilid 2 halaman 41-42
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar


2. Praktik berdoa setelah berwudu


Tes lisan

Hafalan

Hafalkan doa setelah berwudu!

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                         Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL ALBANI




( Heru Ichwanudin , S.T. )                                                                                                                                                                   ( Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006                                                                                                                                                                                  NIP. 041501011


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   SD IST AL ALBANI
Kelas                   :   II
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester             :   1
Standar kompetensi (Fiqih): 5. Mengenal Bacaan Salat

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Melafalkan bacaan salat

Bacaan salat

1. Siswa melafalkan baca-an salat secara klasikal, kelompok dan individu mengikuti bacaan guru

1. Melafalkan bacaan salat dengan benar (takbiratul ihram, doa iftitah, doa rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, tasyahud awal dan akhir, serta salam)

Tes lisan

Pelafalan

Lafalkan bacaan salat satu persatu!

2 × 35 menit


1. Lafalkan bacaan salat pada karton atau papan tulis
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Buku tatacara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 2 , halaman 51-62
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar


2. Menghafalkan bacaan salat

Hafalan bacaan salat










1. Siswa menghafalkan bacaan salat secara klasikal dan individu serta menampilkan hafalannya di depan kelas

1. Hafal bacaan salat dengan benar

Tes lisan

Hafalan

Hafalkan bacaan salat satu persatu!

4 × 35 menit


1. Tulisan lafal bacaan salat di karton atau papan tulis
2. Gambar peraga gerakan salat
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 2 , halaman 51-62

5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Latihan Semester 1








2 × 35 menit


Hal 66-68


............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                         Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD IST AL ALBANI




( Heru Ichwanudin , S.T. )                                                                                                                                                                   ( Puguh Handriyasto )
NIP. 009001006                                                                                                                                                                                  NIP. 041501011


0 komentar:

Poskan Komentar