سم
الله الرحمن الرحيم
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR
ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST
AL-ALBANI )
RPP Nomor : 11
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II /
2
Standar Kompetensi : 6. Membaca
dan menulis huruf Alquran
Kompetensi Dasar : 6.1 Membaca
huruf Hijaiah bersambung
Alokasi Waktu : 4 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengenal huruf Hijaiah bersambung
2. Siswa dapat membaca huruf Hijaiah bersambung
3. Siswa dapat memahami bentuk perubahan huruf
Hijaiah secara benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran
:
1.
Huruf
hijaiah bersambung .
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa mengadakan tanya jawab dengan
teman-temannya tentang huruf Hijaiah bersambung
2.
Siswa berlatih membaca huruf Hijaiah
bersambung
3.
Guru mengadakan tanya jawab dengan
siswa tentang bentuk perubahan huruf Hijaiah
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
Siswa
menyebutkan kembali huruf Hijaiah yang telah mereka hafal
Guru
mengenalkan bahan ajaran kepada siswa mengenai huruf Hijaiah bersambung
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang huruf Hijaiah bersambung dan
bentuk-bentuknya
Siswa
mengenal tentang huruf Hijaiah bersambung
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membaca huruf Hijaiah
bersambung secara klasikal dan kelompok mengikuti bacaan guru
F Siswa memahami tentang bentuk perubahan huruf Hijaiah
F Siswa menjawab pertanyaan guru
yang berkaitan dengan bahan ajar
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
diminta melakukan aktivitas
F Siswa diminta menulis bentuk-bentuk perubahan
huruf Hijaiah di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan
lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Tulisan
lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3. Buku
tajwid
4. Buku
Pendidikan Agama Islam.
5. Alquran
6. Kaset
dan CD Alquran
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø
Mengenal huruf Hijaiah Bersambung
Ø
Membaca huruf Hijaiah bersambung
Ø
Memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara
benar
|
Tes
tulis
Tes
lisan
Tes
tulis
|
Pilihan
ganda
Pelafalan
Jawaban
singkat
Pilihan ganda
Esay
Jawaban singkat
|
1.
يُنْصَرُ terdiri
dari ?
a. ي ن ر
b. ي ن ص
c. À Ç à è
2.
Lafalkan huruf-huruf Hijaiah bersambung berikut!
3.
عَمِلُ, mim pada kata tersebut
berharakat …
4.
Setiap membaca satu huruf al-Quran mendapat
pahala satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipatkan .…
a. 10 kebaikan
b. 20 kebaikan
c. 30 kebaikan
5.
ضَ رَ بَ huruf
sambungnya .…
a. بَرَضَ
b. ضَرَبَ
c. رَبَضَ
6.
( ____ ) tanda mad di samping disebut .…
7.
لَه jika
ditulis huruf latin .…
8.
Saja jika ditulis huruf al-Quran .…
9.
Tulislah tanda mad fathah berdiri!
10. Bagaimana
cara menulis sambung kalimat رَجَ عَ?
11. اَمِّه tulislah ke dalam huruf latin
kata di samping!
12. Hadis
Nabi yang artinya : “Barang siapa
membaca satu huruf dari kitab Allah (al-Quran), maka baginya satu kebaikan,
dan satu kebaikan itu dilipatgandakan sepuluh kebajikan. Saya tidak
mengatakan المّ itu satu huruf, akan tetap[i alif itu satu huruf, lam satu
huruf dan mim …………” (al Hadis)
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD IST AL-ALBANI
(
Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK
: 009001006
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru
Pendidikan Agama Islam
( Puguh Handriyasto )
NIK
: 041501011
|
سم
الله الرحمن الرحيم
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR
ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST
AL-ALBANI )
RPP Nomor : 12
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 6.
Membaca dan menulis huruf Alquran
Kompetensi Dasar : 6.2
Menulis huruf Hijaiah bersambng
Alokasi Waktu : 2 ´ 35
menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat memahami cara menulis huruf Hijaiah
bersambung
2. Siswa dapat mempraktikkan menulis huruf
Hijaiah bersambung
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran : Huruf hijaiah bersambung .
Metode Pembelajaran : 1.
Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya
tentang cara menulis huruf hijaiah
bersambung
2. Siswa
berlatih menulis huruf Hijaiah bersambung
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Cerita
singkat dari pengetahuan siswa tentang bahan ajar yang lalu
F
Memperkenalkan
bahan ajar kepada siswa tentang cara menulis huruf Hijaiah bersambung
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan uraian guru
tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa memahami tentang cara menulis
huruf Hijaiah
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mempraktikkan menulis huruf Hijaiah
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
diminta melakukan aktivitas
F
Siswa
memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan
serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan
lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2. Tulisan
lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3. Buku
tajwid
4. Buku
Pendidikan Agama Islam
5. Alquran
(Juz Amma)
6. Kaset
dan CD Alquran
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø
Memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
Pilihan ganda
Esay
Jawaban singkat
|
1.
Bagaimana
bentuk tengah huruf ح س
ل ?
2. اُمِّه jika ditulis huruf latin
menjadi .…
a. ummihī
b. umihī c. ummihi
3. Tanda
panjang dengan fathah berdiri ( ___ ) dibaca .…
a. ū b. ī
c. ā
4. ( ___ )
tanda panjang di samping disebut .…
a. tanda mad fattah
b. tanda mad kasrah
c. tanda mad dammah
5. Tanda
panjang (mad) fathah berdiri dibaca a sama dengan .…
6. مَجَلَ jika ditulis abjad atau
dipisah .…
7. اَمِّه tulislah ke dalam huruf latin
kata di samping!
8. Tulislah
menurut abjad
سَمِعَ !
9. Sebutkan
tanda baca panjang (mad) yang kamu ketahui!
10. Sambukan Huruf Ini ....... : ظَ
هـَ رَ
11. Sambukan Huruf Ini........ : ضَ عِ
يْ فٌ
12. Sambukan Huruf Ini.......... : أَ
خَ ذَ تْ
كُ مْ
13. Sambukan Huruf Ini......
:
لُ بَ دًا
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD IST AL-ALBANI
(
Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK
: 009001006
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru
Pendidikan Agama Islam
( Puguh Handriyasto )
NIK
: 041501011
|
بسم
الله الرحمن الرحيم
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR
ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST
AL-ALBANI )
RPP Nomor
: 13
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal
Asmaul Husna
Kompetensi Dasar : 7.1 Menyebutkan
lima dari Asmaul Husna
Alokasi Waktu
: 2 ´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menyebutkan lima dari Asmaul
Husna dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
), Berani ( courage ), Ketulusan
(Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi
Pembelajaran :
1.
Asmaul
Husna .
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa menyebutkan lima dari Asmaul Husna secara klasikal,
kelompok dan individu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F
Mengupas
secara singkat tentang kebesaran Allah
F Mengajukan pertanyaan untuk siswa yang telah mengetahui
beberapa sifat Allah
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa secara klasikal menyebutkan
lima dari Asmaul Husna mengikuti bacaan guru
F Siswa secara berkelompok menyebutkan lima dari Asmaul
Husna
F Siswa secara individu menyebutkan lima dari Asmaul Husna
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis lima dari Asmaul Husna
di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan
lima Asmaul Husna di atas potongan karton atau papan tulis
2. Buku
Pendidikan Agama Islam
3. Buku-buku
lain yang relevan
4. Pengalaman
guru
5. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø
Menyebutkan lima Asmaul Husna
|
Tes tulis
|
Pelafalan
Pilihan ganda
Esay
Jawaban singkat
|
1. Hadis
Nabi yang artinya :
“Sesungguhnya Allah SWT
mempunyai 99 nama, barangsiapa hafal ( membaca tiap hari ) masuk surga”
(H.R.Tirmizi) di antara 99 nama Allah SWT itu ada 5 yang harus kita tahu
yaitu Sebutkan lima
Asmaul Husna!
2. Allah
SWT mempunyai nama al-gafur artinya .…
a. Maha
Pengampun
b. Maha
Pencipta
c. Maha
Penyelamat
3. Suka
memberi pertolongan sebagai cermin nama Allah SWT .…
a. As-Sami’ b. As-salam c. Al-basir
4. Bersikap
mendengarkan sewaktu diberi pelajaran sebagai cermin nama Allah SWT .…
a. As salam b. al-khaliq c. as-sami’
5. Ana dan
ani saling berjabatan tangan untuk saling minta maaf. Sebagai pengamalan nama
Allah SWT .…
6. Tukang
kayu dapat membuat kursi, sebagai pengamalan nama Allah SWT .…
7. Nabi
Ibrahim selamat dari kobaran api yang menyala-nyala, berarti Allah SWT maha
.…
8. Tukang
batu membuat gedung. Hal ini sebagai cerminan nama Allah SWT apa?
9. Kita
tidak mau mencorat-coret tembok, walaupun tidak ada yang tahu. Hal ini
sebagai cerminan nama Allah SWT apa?
10.
Mengapa benda yang kecilpun selalu dilihat oleh
Allah SWT?
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD IST AL-ALBANI
(
Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK
: 009001006
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru
Pendidikan Agama Islam
( Puguh Handriyasto )
NIK
: 041501011
|
بسم
الله الرحمن الرحيم
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR
ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST
AL-ALBANI )
RPP Nomor
: 14
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : II
/ 2
Standar Kompetensi : 7. Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar : 7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna
Alokasi Waktu : 2
´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengartikan lima dari Asmaul
Husna
2. Siswa dapat hafal lima Asmaul Husna beserta
artinya
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran
:
1.
Asmaul
Husna .
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa berlatih mengartikan lima dari Asmaul Husna
2.
Siswa menghafal lima dari Asmaul Husna beserta artinya
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Uraian
singkat siswa tentang pengetahuan mereka dari pelajaran yang lalu
F Mengenalkan bahan ajaran kepada siswa mengenai arti dari
lima Asmaul Husna
2. Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara klasikal
F
Siswa
mengartikan lima dari Asmaul Husna secara berkelompok
F
Siswa
menghafal lima dari Asmaul Husna secara berkelompok
F Siswa menghafal lima dari Asmaul
Husna beserta artinya secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang bahan ajar kepada
siswa
F
Siswa
memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan
latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan
berikutnya
Alat
/ Sumber Belajar:
1. Tulisan lima
Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk
dicocokkan
2. Buku Pendidikan Agama.
3. Pengalaman guru
4. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø
Mengartikan lima Asmaul Husna
Ø
Hafal lima
Asmaul Husna beserta artinya
Ø Praktik menulis huruf Hijaiah bersambung
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
unjuk kerja
|
Jawaban singkat
Hafalan
Praktik
Pilihan ganda
Esay
Jawaban singkat
|
1. Apa arti
Asmaul Husna As Sami’?
2.
Hafalkan
lima Asmaul Husna beserta artinya!
3.
Salinlah
kembali huruf Hijaiah bersambung di bawah ini dengan benar!
4. Suka
membuat sesuatu yang baik sebagai cermin nama Allah SWT .…
a. al-khaliq
b. al-basir
c. as-sami’
5. Suka
melihat yang baik berarti pengamalan nama Allah SWT .…
a. al-basir
b. al-khaliq
c. as-sami’
6. Manusia
mendengar melalui .…
7. Kita
tidak mau mencuri, karena dilihat oleh .…
8. Budi
tidak mau menggunjing temannya. Mengapa?
9. Siapakah
yang menyelamatkan Nabi Isa as dari kejaran raja yang dalim?
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD IST AL-ALBANI
(
Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK
: 009001006
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru
Pendidikan Agama Islam
( Puguh Handriyasto )
NIK
: 041501011
|
بسم
الله الرحمن الرحيم
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR
ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST
AL-ALBANI )
RPP Nomor : 15
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : II / 2
Standar Kompetensi : 8. Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar : 8.1 Mencontohkan perilaku hormat dan santun
kepada
orangtua
dan guru
Alokasi Waktu : 4 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa dapat menjelaskan tata cara
hormat kepada orangtua dan guru
2.
Siswa dapat menunjukkan contoh cara
menghormati orangtua dan guru
3.
Siswa dapat membiasakan sikap hormat
dan santun kepada orangtua dan guru
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran
:
1.
Hormat dan
santun kepada orangtua dan guru .
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa mengadakan tanya jawab dengan
teman-temannya tentang tata cara hormat kepada orangtua dan guru
2.
Siswa berlatih memberikan contoh cara
menghormati orangtua dan guru
3.
Guru mengadakan tanya jawab dengan
siswa tentang cara menghormati orangtua dan guru berdasarkan pengalaman mereka
sehari-hari
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F
Mengupas
singkat tentang jasa-jasa orangtua dan guru
F Memperkenalkan bahan ajar melalui mutiara Islam
atau cerita menarik yang berkaitan dengan bahan ajar
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memahami bagaimana cara untuk
menghormati orangtua dan guru
F Siswa memberikan contoh tentang perbuatan yang baik
dilakukan untuk kedua orangtua dan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa secara berkelompok dan
individu menghafal doa untuk kedua orangtua beserta artinya
F Menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan bahan ajar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis contoh cara menghormati
orangtua dan guru masing-masing lima dan tulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar
peraga tentang anak yang berbakti kepada orangtua dan hormat kepada guru
2. Teks cerita tentang akibat anak
yang durhaka kepada orangtua (cerita sahabat Nabi yang bernama Al Qomah atau
lainnya)
3. Buku
Pendidikan Agama Islam.
4. Pengalaman
guru
5. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø
Menjelaskan tatacara hormat kepada orangtua dan
guru
Ø
Menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan
guru
Ø
Membiasakan sikap hormat dan santun kepada
orangtua dan guru
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Esay
Jawaban singkat
Jawaban singkat
Pilihan ganda
Esay
|
1. Mengapa
orangtua wajib dihormati?
2. Beri masing-masing
satu contoh hormat terhadap orangtua dan guru!
3.
Apa yang
kamu lakukan jika orangtuamu sakit?
4. Muliakanlah
orang-orang yang pernah memberikan pelajaran kepadamu. Yang dimaksud memberi
pelajaran kepadamu ialah .…
a. dokter b. guru
c. bapak atau ibu
5. Guru
adalah orang tua kita di sekolah, oleh karena itu harus kita .…
a. hormati b. biarkan c. benci
6. Kepada
guru kita harus bersikap .…
7.
Guru adalah pahlawan tanpa tanda .…
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD IST AL-ALBANI
(
Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK
: 009001006
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru
Pendidikan Agama Islam
( Puguh Handriyasto )
NIK
: 041501011
|
بسم
الله الرحمن الرحيم
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR
ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST
AL-ALBANI )
RPP Nomor
: 16
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : II
/ 2
Standar Kompetensi : 8. Membiasakan Perilaku
Terpuji
Kompetensi Dasar : 8.2 Menampilkan
perilaku sopan dan santun kepada tetangga
Alokasi Waktu : 2
´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menunjukkan cara berperilaku
sopan dan santun terhadap tetangga
2. Siswa dapat membiasakan perilaku sopan dan
santun terhadap tetangga
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran
:
1.
Sopan dan
santun terhadap tetangga .
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa berlatih menunjukkan cara
berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
2.
Siswa mengadakan tanya jawab dengan
teman-temannya tentang adab terhadap tetangga dan hal-hal yang tidak boleh
dilakukan terhadap tetangga
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F
Cerita
singkat tentang pengalaman siswa dari bahan ajar yang lalu
F Mengenalkan bahan ajar melalui cerita menarik dalam
sepenggal kisah dan dari Hadis/ayat Alquran yang berkaitan dengan ajar (melalaui Mutiara Islam )
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menunjukkan cara berperilaku
sopan dan santun terhadap tetangga
F Siswa memberikan pendapat, komentar tentang adab
bertetangga dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan terhadap tetangga
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah
menggunakan bahasa sendiri
F
Siswa
memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan dan
ditulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar: :
1. Gambar
peraga tentang adab bertentangga
2. Teks cerita tentang adab
bertentangga (cerita perilaku Nabi Muhammad SAW tehadap para Tetangga)
3. Buku
Pendidikan Agama Islam
4. Pengalaman
guru
5. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø Menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap
tetangga
Ø Membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Jawaban singkat
Jawaban singkat
Pilihan ganda
Esay
Jawaban singkat
|
1. Apa saja
yang baik dilakukan terhadap tetangga?
2.
Jika
tetangga kita sakit, kita harus ….
3. Barang
siapa beriman kepada Allah SWT dan hari akhir maka … tetanggamu.
a. hilangkan b. muliakan c. singkirkan
4. Orang
yang rumahnya dekat dengan kita ialah .…
a. guru b. dokter
c. tetangga
5. Dengan
tetangga kita harus .…
a. tolong-menolong
b. membelakangi
c. menjauhi
6. Batas
tetangga dekat ialah .…
7. Apabila
bertemu dengan guru kita ucapkan .…
8. Orang
yang biasa menghargai orang lain, maka hidupnya akan .…
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD IST AL-ALBANI
(
Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK
: 009001006
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru
Pendidikan Agama Islam
( Puguh Handriyasto )
NIK
: 041501011
|
بسم
الله الرحمن الرحيم
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR
ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST
AL-ALBANI )
RPP Nomor : 17
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : II
/ 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan
Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar : 9.1 Menampilkan
perilaku sopan dan santun kepada tetangga
Alokasi Waktu : 2
´ 35 menit (1´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menunjukkan gerakan salat dengan
tertib
2. Siswa dapat mempraktikkan gerakan salat
dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran
:
1.
Salat .
Metode Pembelajaran :
1. Siswa mengadakan diskusi dengan temannya
tentang gerakan-gerakan salat dari gambar peraga
2.
Siswa berlatih menunjukkan gerakan
salat
3. Siswa mempraktikkan gerakan salat dengan
benar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F
Pembahasan
singkat pengalaman siswa yang telah melaksanakan salat
F Memperkenalkan pokok-pokok bahan ajaran yang
akan dipelajari
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar dan gambar peraga
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih melakukan gerakan
salat bersama teman satu kelas kemudian satu kelompok
F Siswa melakukan gerakan salat secara individu
F Siswa melaksanakan tugas dari guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
F
Siswa
memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan yang ada di untuk
ditulis di buku tugas
Alat / Sumber Belajar:
1. Gambar
peraga salat
2. Lafal
bacaan salat
3. Buku tata cara salat
4. Buku Pendidikan Agama
Islam.
5. Pengalaman guru
6. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø
Menunjukkan gerakan salat dengan tertib
Ø Mempraktikkan gerakan salat dengan benar
|
Tes tulis
Tes praktik
|
Jawaban singkat
Praktik
Pilihan ganda
Esay
Jawaban singkat
|
1.
Tulis
gerakan salat dalam satu rakaat dengan berurutan
2.
Praktik
gerakan salat dengan benar!
3. Sekurang-kurangnya
salat berjamaah itu .…
a. dua orang
b. tiga orang
c. empat orang.
4. Salat
berjamaah itu dipimpin oleh ….
a. ustadz b. imam
c. makmum
5. Orang
yang mengikuti imam disebut .…
a. orang islam
b. jamaah
c. makmum
6. Keutamaan
salat berjamaah dapat mempererat ….
7. Jika
jamaah itu perempuan imamnya adalah .…
8. Salat
fardu lebih utama dikerjakan dengan….
9. Apakah
yang dimaksud salatberjamaah?
10. Apakah
perbedaan anatar imam dan makmum?
11. اَلصَّلاَةُ
مِفْتَاحُ الْجَنَّةِ
Artinya :
12. Salat
berjamaah adalah
13. Keutamaan
salat berjamaah, yaitu :
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD IST AL-ALBANI
(
Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK
: 009001006
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru
Pendidikan Agama Islam
( Puguh Handriyasto )
NIK
: 041501011
|
بسم
الله الرحمن الرحيم
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR
ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST
AL-ALBANI )
RPP Nomor : 18
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : II
/ 2
Standar Kompetensi : 9. Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar : 9.2 Mempraktikkan salat secara tertib
Alokasi Waktu : 4
´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat melaksanakan salat dengan
sempurna
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines) , Rasa
hormat dan perhatian ( respect ) ,
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran
:
1.
Salat .
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa berlatih menyerasikan gerakan
salat dan bacaan salat
2.
Siswa mempraktikkan salat dengan
gerakan dan bacaan salat secara sempurna
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
F
Guru
mengingatkan kembali pentingnya salat sebagai seorang muslim
F Siswa menghafal bacaan salat yang telah
dipelajari
2. Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa
menghafal bacaan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri
F
Siswa menghafal gerakan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperaktikkan keserasian bacaan salat dan gerakan salat di atas secara bersama-sama, kemudian mempraktikkan secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Siswa
melakukan aktivitas
F
Siswa
memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan
Alat / Sumber Belajar:
1. Lafal
bacaan salat
2. Gambar
peraga gerakan salat
3. Kelas/ruangan/mushala
4. Perlengkapan
salat
5. Buku
tata cara salat
6. Buku
Pendidikan Agama Islam
7. Pengalaman
guru
8. Lingkungan
sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø
Melaksanakan salat dengan sempurna
|
Tes praktik
|
Praktik
|
1. Praktikkan
salat dengan sempurna ?
2. Pahala
salat berjamaah….
a. 47 derajat b. 37 derajat
c. 27 derajat
3. Jika
jamaah itu orang laki-laki dan perempuan yang menjadi imam adalah .…
a. laki-laki
b. perempuan
c. orang tua
4. Dalam
salat berjamaah harus ada imam dan…
5. Salat
berjamaah boleh dikerjakan di mana saja asal suci dari .…
6. Bolehkah
seoranglaki-laki menjadi makmum seorang perempuan?
7. Bagaimana
seharusnya saf dalam salat ebrjamaah?
8. Sebutkan
keutamaan salat berjamaah dibandingkan dengan salat munfarid ?
|
Format
Kriteria Penilaian
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadang kerjasama
*
tidak bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar
Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat
nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD IST AL-ALBANI
(
Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK
: 009001006
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru
Pendidikan Agama Islam
( Puguh Handriyasto )
NIK
: 041501011
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH
DASAR SAINS DAN TEKNOLOGI AL ALBANI
( SD IST AL ALBANI )
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS 2 SEMESTER I
TAHUN AJARAN 2011/2012
0 komentar:
Posting Komentar