Pages

Selasa, 25 Desember 2012

RPP PAI SD/MI KELAS 2 SEMESTER 2





سم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                    :  11
Mata Pelajaran                :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester             :   II / 2
Standar Kompetensi           :    6.                      Membaca dan menulis huruf Alquran
Kompetensi Dasar         :    6.1 Membaca huruf Hijaiah bersambung
Alokasi Waktu                 :  4 ´ 35 menit (2´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   :   
1.       Siswa dapat mengenal huruf Hijaiah bersambung
2.       Siswa dapat membaca huruf Hijaiah bersambung
3.       Siswa dapat memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar

Karakter siswa yang diharapkan  :          Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :        
1.       Huruf hijaiah bersambung .

Metode Pembelajaran  :   
1.       Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang huruf Hijaiah bersambung
2.       Siswa berlatih membaca huruf Hijaiah bersambung
3.       Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang bentuk perubahan huruf Hijaiah

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
Siswa menyebutkan kembali huruf Hijaiah yang telah mereka hafal
 Guru mengenalkan bahan ajaran kepada siswa mengenai huruf Hijaiah bersambung
2.    Kegiatan Inti         
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang huruf Hijaiah bersambung dan bentuk-bentuknya
 Siswa mengenal tentang huruf Hijaiah bersambung


 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membaca huruf Hijaiah bersambung secara klasikal dan kelompok mengikuti bacaan guru
F Siswa memahami tentang bentuk perubahan huruf Hijaiah
F Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan bahan ajar
 Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa diminta menulis bentuk-bentuk perubahan huruf Hijaiah di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2.    Tulisan lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3.    Buku tajwid
4.    Buku Pendidikan Agama Islam.
5.    Alquran
6.    Kaset dan CD Alquran
7.    Pengalaman guru
8.    Lingkungan sekitar

Penilaian:

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø   Mengenal huruf Hijaiah Bersambung


Ø   Membaca huruf Hijaiah bersambung

Ø   Memahami bentuk perubahan huruf Hijaiah secara benar

Tes tulis



Tes lisan


Tes tulis
Pilihan ganda



Pelafalan


Jawaban singkat
Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat
1.        يُنْصَرُ    terdiri dari ?
a. ي ن ر
b. ي ن ص
c. À Ç à è

2.        Lafalkan huruf-huruf Hijaiah bersambung berikut!
3.        عَمِلُ, mim pada kata tersebut berharakat …
4.        Setiap membaca satu huruf al-Quran mendapat pahala satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipatkan .…
a. 10 kebaikan              
b. 20 kebaikan                
c. 30 kebaikan
5.        ضَ رَ بَ huruf sambungnya .…
a.  بَرَضَ                              
b.  ضَرَبَ                                   
 c.  رَبَضَ
6.        ( ____ ) tanda mad di samping disebut .…
7.        لَه jika ditulis huruf latin .…
8.        Saja jika ditulis huruf al-Quran .…
9.        Tulislah tanda mad fathah berdiri!
10.     Bagaimana cara menulis sambung kalimat رَجَ عَ?
11.     اَمِّه tulislah ke dalam huruf latin kata di samping!
12.     Hadis Nabi yang artinya :                                “Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah (al-Quran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dilipatgandakan sepuluh kebajikan. Saya tidak mengatakan المّ itu satu huruf, akan tetap[i alif itu satu huruf, lam satu huruf dan mim …………” (al Hadis)


Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1




3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011

سم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                      :   12
Mata Pelajaran                  :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester               :    II / 2
Standar Kompetensi        :    6.                 Membaca dan menulis huruf Alquran
Kompetensi Dasar            :    6.2               Menulis huruf Hijaiah bersambng
Alokasi Waktu                  :     2 ´ 35  menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   :   
1.       Siswa dapat memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung
2.       Siswa dapat mempraktikkan menulis huruf Hijaiah bersambung

Karakter siswa yang diharapkan  :          Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :         Huruf hijaiah bersambung .

Metode Pembelajaran  :    1. Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya
                                                    tentang cara menulis huruf hijaiah bersambung
                             2. Siswa berlatih menulis huruf Hijaiah bersambung

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Cerita singkat dari pengetahuan siswa tentang bahan ajar yang lalu
F Memperkenalkan bahan ajar kepada siswa tentang cara menulis huruf Hijaiah bersambung
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan
F Siswa memahami tentang cara menulis huruf Hijaiah
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mempraktikkan menulis huruf Hijaiah



& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta melakukan aktivitas
F Siswa memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lafal huruf Hijaiah pada karton atau papan tulis
2.    Tulisan lafal huruf Hijaiah bersambung pada karton atau papan tulis
3.    Buku tajwid
4.    Buku Pendidikan Agama Islam
5.    Alquran (Juz Amma)
6.    Kaset dan CD Alquran
7.    Pengalaman guru
8.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Memahami cara menulis huruf Hijaiah bersambung



Tes tulis





Jawaban singkat
Pilihan ganda

Esay


Jawaban singkat



1.     Bagaimana bentuk tengah huruf ح س ل ?
2.     اُمِّه jika ditulis huruf latin menjadi .…
a. ummihī                                 
b. umihī                        c. ummihi
3.     Tanda panjang dengan fathah berdiri ( ___ ) dibaca .…
a. ū                               b. ī                                    
c. ā
4.     ( ___ ) tanda panjang di samping disebut .…
a. tanda mad fattah                   
b. tanda mad kasrah     
c. tanda mad dammah
5.     Tanda panjang (mad) fathah berdiri dibaca a sama dengan .…
6.     مَجَلَ jika ditulis abjad atau dipisah .…
7.     اَمِّه tulislah ke dalam huruf latin kata di samping!
8.     Tulislah menurut abjad سَمِعَ !
9.     Sebutkan tanda baca panjang (mad) yang kamu ketahui!
10.  Sambukan Huruf Ini ....... :       ظَ   هـَ   رَ
11.  Sambukan Huruf Ini........ :       ضَ   عِ   يْ   فٌ

12.  Sambukan Huruf Ini.......... :       أَ   خَ   ذَ   تْ   كُ   مْ
13.  Sambukan Huruf Ini...... :      لُ   بَ   دًا


Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1








3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..












CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011

بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                   :     13
Mata Pelajaran              :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           :    II / 2
Standar Kompetensi           :    7.                      Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar         :    7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
Alokasi Waktu                :    2 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   :   
1.       Siswa dapat menyebutkan lima dari Asmaul Husna dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :          Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :      
1.       Asmaul Husna .

Metode Pembelajaran       :
1.       Siswa menyebutkan lima dari Asmaul Husna secara klasikal, kelompok dan individu

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan :

Apersepsi  dan Motivasi :
F Mengupas secara singkat tentang kebesaran Allah
F Mengajukan pertanyaan untuk siswa yang telah mengetahui beberapa sifat Allah
2.    Kegiatan Inti :

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bahan ajar yang disampaikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa secara klasikal menyebutkan lima dari Asmaul Husna mengikuti bacaan guru
F Siswa secara berkelompok menyebutkan lima dari Asmaul Husna
F Siswa secara individu menyebutkan lima dari Asmaul Husna

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis lima dari Asmaul Husna di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton atau papan tulis
2.    Buku Pendidikan Agama Islam
3.    Buku-buku lain yang relevan
4.    Pengalaman guru
5.    Lingkungan sekitar

Penilaian:

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø   Menyebutkan lima Asmaul Husna
                                  
Tes tulis


Pelafalan
Pilihan ganda






















Esay







Jawaban singkat
1.   Hadis Nabi yang artinya :
“Sesungguhnya Allah SWT mempunyai 99 nama, barangsiapa hafal ( membaca tiap hari ) masuk surga” (H.R.Tirmizi) di antara 99 nama Allah SWT itu ada 5 yang harus kita tahu yaitu Sebutkan lima Asmaul Husna!
2.   Allah SWT mempunyai nama al-gafur artinya .…
a.       Maha Pengampun
b.       Maha Pencipta
c.       Maha Penyelamat
3.   Suka memberi pertolongan sebagai cermin nama Allah SWT .…
a. As-Sami’                   b. As-salam c. Al-basir
4.   Bersikap mendengarkan sewaktu diberi pelajaran sebagai cermin nama Allah SWT .…
a. As salam                   b. al-khaliq c. as-sami’
5.   Ana dan ani saling berjabatan tangan untuk saling minta maaf. Sebagai pengamalan nama Allah SWT .…
6.   Tukang kayu dapat membuat kursi, sebagai pengamalan nama Allah SWT .…
7.   Nabi Ibrahim selamat dari kobaran api yang menyala-nyala, berarti Allah SWT maha .…
8.   Tukang batu membuat gedung. Hal ini sebagai cerminan nama Allah SWT apa?
9.   Kita tidak mau mencorat-coret tembok, walaupun tidak ada yang tahu. Hal ini sebagai cerminan nama Allah SWT apa?
10.       Mengapa benda yang kecilpun selalu dilihat oleh Allah SWT?

Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.











CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011

بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                   :    14
Mata Pelajaran               :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            :    II / 2
Standar Kompetensi      :    7.   Mengenal Asmaul Husna
Kompetensi Dasar         :    7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna
Alokasi Waktu                :    2 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   :
1.       Siswa dapat mengartikan lima dari Asmaul Husna
2.       Siswa dapat hafal lima Asmaul Husna beserta artinya

Karakter siswa yang diharapkan  :          Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :
1.       Asmaul Husna .

Metode Pembelajaran  :   
1.       Siswa berlatih mengartikan lima dari Asmaul Husna
2.       Siswa menghafal lima dari Asmaul Husna beserta artinya

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
F Uraian singkat siswa tentang pengetahuan mereka dari pelajaran yang lalu
F Mengenalkan bahan ajaran kepada siswa mengenai arti dari lima Asmaul Husna
2.    Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar yang disajikan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara klasikal
F Siswa mengartikan lima dari Asmaul Husna secara berkelompok
F Siswa menghafal lima dari Asmaul Husna secara berkelompok
F Siswa menghafal lima dari Asmaul Husna beserta artinya secara individu

& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang bahan ajar kepada siswa
F Siswa memahami bacaan intisari
F Guru memberikan tugas siswa untuk mengerjakan latihan serta menulisnya di buku tugas dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya

Alat / Sumber Belajar:
1.    Tulisan lima Asmaul Husna di atas potongan karton dan bagian lain arti dari lima Asmaul Husna pada karton lainnya untuk dicocokkan
2.    Buku Pendidikan Agama.
3.    Pengalaman guru
4.    Lingkungan sekitar

Penilaian:

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Mengartikan lima Asmaul Husna

Ø  Hafal lima Asmaul Husna beserta artinya

Ø  Praktik menulis huruf Hijaiah bersambung
Tes tulis


Tes tulis


Tes unjuk kerja
Jawaban singkat

Hafalan


Praktik
Pilihan ganda






Esay


Jawaban singkat
1.       Apa arti Asmaul Husna As Sami’?
2.       Hafalkan lima Asmaul Husna beserta artinya!
3.       Salinlah kembali huruf Hijaiah bersambung di bawah ini dengan benar!
4.       Suka membuat sesuatu yang baik sebagai cermin nama Allah SWT .…
a. al-khaliq                   
b. al-basir                                  
c. as-sami’
5.       Suka melihat yang baik berarti pengamalan nama Allah SWT .…
a. al-basir                     
b. al-khaliq                                
c. as-sami’
6.       Manusia mendengar melalui .…
7.       Kita tidak mau mencuri, karena dilihat oleh .…
8.       Budi tidak mau menggunjing temannya. Mengapa?
9.       Siapakah yang menyelamatkan Nabi Isa as dari kejaran raja yang dalim?


Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.







Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011



بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                :     15
Mata Pelajaran           :   Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester       :    II / 2
Standar Kompetensi :    8.       Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar    :    8.1     Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada
                                           orangtua dan guru
Alokasi Waktu                :    4 ´ 35 menit (2´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   :
1.       Siswa dapat menjelaskan tata cara hormat kepada orangtua dan guru
2.       Siswa dapat menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru
3.       Siswa dapat membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru

Karakter siswa yang diharapkan  :          Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :      
1.       Hormat dan santun kepada orangtua dan guru .

Metode Pembelajaran  :
1.       Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang tata cara hormat kepada orangtua dan guru
2.       Siswa berlatih memberikan contoh cara menghormati orangtua dan guru
3.       Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang cara menghormati orangtua dan guru berdasarkan pengalaman mereka sehari-hari

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi  dan Motivasi :
F Mengupas singkat tentang jasa-jasa orangtua dan guru
F Memperkenalkan bahan ajar melalui mutiara Islam atau cerita menarik yang berkaitan dengan bahan ajar




2.    Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memahami bagaimana cara untuk menghormati orangtua dan guru
F Siswa memberikan contoh tentang perbuatan yang baik dilakukan untuk kedua orangtua dan guru
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa secara berkelompok dan individu menghafal doa untuk kedua orangtua beserta artinya
F Menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan bahan ajar
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menulis contoh cara menghormati orangtua dan guru masing-masing lima dan tulis di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1.    Gambar peraga tentang anak yang berbakti kepada orangtua dan hormat kepada guru
2.    Teks cerita tentang akibat anak yang durhaka kepada orangtua (cerita sahabat Nabi yang bernama Al Qomah atau lainnya)
3.    Buku Pendidikan Agama Islam.
4.    Pengalaman guru
5.    Lingkungan sekitar


Penilaian:

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø   Menjelaskan tatacara hormat kepada orangtua dan guru
Ø   Menunjukkan contoh cara menghormati orangtua dan guru
Ø   Membiasakan sikap hormat dan santun kepada orangtua dan guru

Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis

Esay
Jawaban singkat

Jawaban singkat
Pilihan ganda






Esay


1.       Mengapa orangtua wajib dihormati?
2.       Beri masing-masing satu contoh hormat terhadap orangtua dan guru!
3.       Apa yang kamu lakukan jika orangtuamu sakit?
4.       Muliakanlah orang-orang yang pernah memberikan pelajaran kepadamu. Yang dimaksud memberi pelajaran kepadamu ialah .…
a. dokter           b. guru
c. bapak atau ibu
5.       Guru adalah orang tua kita di sekolah, oleh karena itu harus kita .…
a. hormati                      b. biarkan c. benci
6.       Kepada guru kita harus bersikap .…
7.       Guru adalah pahlawan tanpa tanda .…

Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.



Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011








































بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                   :    16
Mata Pelajaran               :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            :    II / 2
Standar Kompetensi           :    8.                      Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar         :    8.2 Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga
Alokasi Waktu                :    2 ´ 35 menit (1´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   :
1.       Siswa dapat menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
2.       Siswa dapat membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga

Karakter siswa yang diharapkan  :           Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :
1.       Sopan dan santun terhadap tetangga .

Metode Pembelajaran  :   
1.       Siswa berlatih menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
2.       Siswa mengadakan tanya jawab dengan teman-temannya tentang adab terhadap tetangga dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan terhadap tetangga

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:

1.    Kegiatan Pendahuluan :

Apersepsi  dan Motivasi :
F Cerita singkat tentang pengalaman siswa dari bahan ajar yang lalu
F Mengenalkan bahan ajar melalui cerita menarik dalam sepenggal kisah dan dari Hadis/ayat Alquran yang berkaitan dengan ajar (melalaui Mutiara Islam )
2.    Kegiatan Inti :

& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan uraian guru tentang bahan ajar yang disampaikan


& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
F Siswa memberikan pendapat, komentar tentang adab bertetangga dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan terhadap tetangga
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan dan ditulis di buku tugas

Alat / Sumber Belajar: :
1.    Gambar peraga tentang adab bertentangga
2.    Teks cerita tentang adab bertentangga (cerita perilaku Nabi Muhammad SAW tehadap para     Tetangga)
3.    Buku Pendidikan Agama Islam
4.    Pengalaman guru
5.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø   Menunjukkan cara berperilaku sopan dan santun terhadap tetangga
Ø   Membiasakan perilaku sopan dan santun terhadap tetangga

Tes tulis

Tes tulis



Jawaban singkat

Jawaban singkat
Pilihan ganda










Esay
Jawaban singkat


1.       Apa saja yang baik dilakukan terhadap tetangga?
2.       Jika tetangga kita sakit, kita harus ….
3.       Barang siapa beriman kepada Allah SWT dan hari akhir maka … tetanggamu.
a. hilangkan                   b. muliakan c. singkirkan
4.       Orang yang rumahnya dekat dengan kita ialah .…
a. guru              b. dokter            
c. tetangga
5.       Dengan tetangga kita harus .…
a. tolong-menolong        
b. membelakangi                
c. menjauhi
6.       Batas tetangga dekat ialah .…
7.       Apabila bertemu dengan guru kita ucapkan .…
8.       Orang yang biasa menghargai orang lain, maka hidupnya akan .…


Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011







بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                   :    17
Mata Pelajaran               :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            :    II / 2
Standar Kompetensi           :    9.                      Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar         :    9.1 Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga
Alokasi Waktu                :    2 ´ 35 menit (1´ pertemuan)


Tujuan Pembelajaran   :   
1.       Siswa dapat menunjukkan gerakan salat dengan tertib
2.       Siswa dapat mempraktikkan gerakan salat dengan benar

Karakter siswa yang diharapkan  :          Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :
1.       Salat .

Metode Pembelajaran  :
1.       Siswa mengadakan diskusi dengan temannya tentang gerakan-gerakan salat dari gambar peraga
2.       Siswa berlatih menunjukkan gerakan salat
3.       Siswa mempraktikkan gerakan salat dengan benar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi  dan Motivasi :
F Pembahasan singkat pengalaman siswa yang telah melaksanakan salat
F Memperkenalkan pokok-pokok bahan ajaran yang akan dipelajari
2.    Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa memperhatikan uraian guru tentang bahan ajar dan gambar peraga




& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa berlatih melakukan gerakan salat bersama teman satu kelas kemudian satu kelompok
F Siswa melakukan gerakan salat secara individu
F Siswa melaksanakan tugas dari guru
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa diminta menyimpulkan kisah dalam sepenggal kisah menggunakan bahasa sendiri
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan yang ada di untuk ditulis di buku tugas

Alat / Sumber Belajar:
1.    Gambar peraga  salat
2.    Lafal bacaan salat
3.    Buku tata cara salat
4.    Buku Pendidikan Agama Islam.
5.    Pengalaman guru
6.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Menunjukkan gerakan salat dengan tertib

Ø  Mempraktikkan gerakan salat dengan benar
Tes tulis

Tes praktik


Jawaban singkat

Praktik
Pilihan ganda







Esay
Jawaban singkat


1.       Tulis gerakan salat dalam satu rakaat dengan berurutan
2.       Praktik gerakan salat dengan benar!
3.       Sekurang-kurangnya salat berjamaah itu .…
a. dua orang                 
b. tiga orang                 
c. empat orang.
4.       Salat berjamaah itu dipimpin oleh ….
a. ustadz                       b. imam
c. makmum
5.       Orang yang mengikuti imam disebut .…
a. orang islam               
b. jamaah                     
c. makmum
6.       Keutamaan salat berjamaah dapat mempererat ….
7.       Jika jamaah itu perempuan imamnya adalah .…
8.       Salat fardu lebih utama dikerjakan dengan….
9.       Apakah yang dimaksud salatberjamaah?
10.   Apakah perbedaan anatar imam dan makmum?
11.   اَلصَّلاَةُ مِفْتَاحُ الْجَنَّةِ
     Artinya :
12.   Salat berjamaah adalah
13.  Keutamaan salat berjamaah, yaitu :


Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.














CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.





Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011

بسم الله الرحمن الرحيم

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR ISLAM SAINS DAN TEKNOLOGI AL-ALBANI
( SD IST AL-ALBANI )
                                                     


RPP Nomor                   :     18
Mata Pelajaran               :    Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester            :    II / 2
Standar Kompetensi      :    9.   Membiasakan salat secara tertib
Kompetensi Dasar         :    9.2 Mempraktikkan salat secara tertib
Alokasi Waktu                :    4 ´ 35 menit (2´ pertemuan)

Tujuan Pembelajaran   :
1.       Siswa dapat melaksanakan salat dengan sempurna

Karakter siswa yang diharapkan  :          Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

Materi Pembelajaran  :      
1.       Salat .

Metode Pembelajaran  :   
1.       Siswa berlatih menyerasikan gerakan salat dan bacaan salat
2.       Siswa mempraktikkan salat dengan gerakan dan bacaan salat secara sempurna

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1.    Kegiatan Pendahuluan :
Apersepsi  dan Motivasi :
F Guru mengingatkan kembali pentingnya salat sebagai seorang muslim
F Siswa menghafal bacaan salat yang telah dipelajari
2.    Kegiatan Inti :       
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menghafal bacaan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri
F Siswa menghafal gerakan salat secara bersama-sama dan sendiri-sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperaktikkan keserasian bacaan salat dan gerakan salat di atas secara                bersama-sama, kemudian mempraktikkan secara individu



& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.         Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa melakukan aktivitas
F Siswa memahami bacaan intisari
F Siswa mengerjakan latihan

Alat / Sumber Belajar:
1.    Lafal bacaan salat
2.    Gambar peraga gerakan salat
3.    Kelas/ruangan/mushala
4.    Perlengkapan salat
5.    Buku tata cara salat
6.    Buku Pendidikan Agama Islam
7.    Pengalaman guru
8.    Lingkungan sekitar

Penilaian:
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Ø  Melaksanakan salat dengan sempurna
Tes praktik


Praktik

1.       Praktikkan salat dengan sempurna ?
2.       Pahala salat berjamaah….
a. 47 derajat                  b. 37 derajat
c. 27 derajat
3.       Jika jamaah itu orang laki-laki dan perempuan yang menjadi imam adalah .…
a. laki-laki                    
b. perempuan               
c. orang tua
4.       Dalam salat berjamaah harus ada imam dan…
5.       Salat berjamaah boleh dikerjakan di mana saja asal suci dari .…
6.       Bolehkah seoranglaki-laki menjadi makmum seorang perempuan?
7.       Bagaimana seharusnya saf dalam salat ebrjamaah?
8.       Sebutkan keutamaan salat berjamaah dibandingkan dengan salat munfarid ?



Format Kriteria Penilaian      
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
2.Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.











CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v Untuk Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.






Mengetahui,
Kepala SD IST AL-ALBANI




( Heru Ichwanudin, S.T.)
NIK : 009001006

…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam




 ( Puguh Handriyasto )
NIK : 041501011













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH DASAR SAINS DAN TEKNOLOGI AL ALBANI
( SD IST AL ALBANI )
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS 2 SEMESTER I
TAHUN AJARAN 2011/2012

0 komentar:

Posting Komentar